google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Tips dalam Memilih Tukang Bangunan Harian atau Borongan

Tips Memilih Tukang Bangunan Harian dan Borongan | Plus Harga 2020

Memilih tukang bangunan menjadi salah satu bagian penting ketika kalian berencana membangun atau merenovasi hunian kalian. Sebab, keahlian mereka akan menentukan hasil akhir dari proses pembangunan hunian kalian. Ketika proses pembangunan rumah akan segera berjalan, kalian tentu memerlukan tenaga tukang ‘kan? Namun, seringkali kalian kebingungan untuk menyewa jasa tukang bangunan harian atau borongan.

Tips Memilih Jasa Tukang Bangunan Harian atau Borongan

  1. Cari yang Mempunyai Pengalaman

Saat memilih tukang bangunan, cobalah minta referensi dari keluarga atau tetangga di lingkungan rumah kalian. Bila kalian ingin memilih tukang bangunan sendiri, tanyalah pengalaman kerja dan keahlian yang dimilikinya. 

Ini sangat penting untuk keberhasilan pembangunan. Jangan lupa tanyakan kepada kontraktor atau tukang bangunan yang anda sewa: pernah mengerjakan apa saja sebelum ini?

2. Cocokkan dengan Keahliannya

Setiap tukang bangunan biasanya mempunyai karakter dan keterampilan yang berbeda. Ada mereka yang ahli dalam pekerjaan kayu, batu, atau bahkan besi. Tanyakan keahlian yang paling dan kurang mereka kuasai. 

Setiap tukang bangunan biasanya mempunyai karakter dan keterampilan yang berbeda. Ada mereka yang ahli dalam pekerjaan kayu, batu, atau bahkan besi. Tanyakan keahlian yang paling dan kurang mereka kuasai. Jika kalian ingin menggunakannya untuk merenovasi rumah, pastikan kalian telah mengetahui spesialis dari jasa renovasi rumah yang di tawarkannya. Pilih juga tukang yang mempunyai ide lebih untuk kerjakan olahan yang lebih susah serta detil.

3. Komunikasi Teratur

Untuk mendapatkan hasil akhir pekerjaan yang baik saat bangun rumah atau melakukan renovasi, cobalah untuk rutin berkomunikasi dengan tukang bangunan yang mengerjakan rumah kalian.

Dengan begitu, kalian bisa meminimalisir ketidaksamaan pandangan gambaran kerja dengan tukang bangunan. Rajinlah mengecek pekerjaan tukang supaya semua sama dengan yang kalian inginkan. 

4. Terbuka pada Pendapat

Tukang bangunan kerja berdasarkan pada perintah dari pemberi pekerjaan. Namun, seringkali mereka akan memberikan pendapatnya terkait pekerjaannya. Hal itu mungkin di lakukan untuk meminimalisasi kekurangan material bangunan atau membuatnya menjadi lebih baik. 

5. Kapasitas Tukang Bangunan

Hal selanjutnya yang harus di perhatikan adalah figur dari tukang bangunan tersebut. Tanyakanlah kapasitas tukang bangunan dari orang yang pernah bekerja sama dengannya. 

6. Lama Kerja Ketika Mengerjakan Jasa Bangunan Rumah

Kalian juga harus memastikan waktu pembangunan atau renovasi rumah yang di kerjakan tukang. Terapkan tenggat waktu serta jelaskan pada pekerja bangunan kalian. Umumnya, tukang bangunan akan memberi rata – rata honor yang di sesuaiakan dengan waktu kerja. 

7. Buat Kontrak Tercatat

Ini juga bisa menjadi hal penting agar tukang bangunan bertanggung jawab atas tugasnya. Hal ini di lakukan untuk berjaga – jaga bila sewaktu – waktu ada permasalahan pada pembangunan. 

Dalam kontrak tersebut, harus di tuliskan detail apa saja yang akan di kerjakan kontraktor, berapa bayaran mereka, waktu pengerjaan, dan bahan – bahan yang di gunakan. Jangan lupa, minta fotokopi KTP mandor atau kepala tukang.

8. Ketahui Apa yang Ingin di Kerjakan

Kalian perlu tahu rincian apa saja yang ingin anda bangun atau renovasi, dan besaran pekerjaan yang akan di bebankan kepada tukang bangunan atau kontraktor. Jika lingkup pekerjaan sedikit, kalian bisa menyewa jasa tukang bangunan harian (dengan sistem pembayaran per hari. Namun jika pekerjaan banyak, anda di sarankan untuk menyewa jasa tukang bangunan borongan.

9. Gunakan Jasa Konsultan Arsitektur

Pengawasan arsitek sangat penting untuk kelancaran pekerjaan tukang. Sementara orang Indonesia masih jarang menggunakan jasa konsultan arsitektur untuk membangun rumahnya.