Tips Desain Balkon Rumah yang Aman dan Nyaman

Memiliki balkon dengan desain balkon yang unik, nyaman, aman dan menyenangkan bisa jadi daya tarik sendiri. Balkon adalah space tambahan di area yang tinggi disebuah rumah. Balkon berfungsi untuk memperluas interior dan eksterior rumah. Rumah yang dibangun di lahan yang sempit bisa membuat balkon di lantai 2 agar rumah terlihat lebih luas.

Kalian juga bisa menikmati pemandangan dari balkon rumah atau tempat tinggal. Desain balkon yang berbeda dari yang lain membuat rumah terlihat lebih unik dan menjadi daya tarik sendiri.

  1. Desain Balkon Rumah Bernuansa Kayu

Rekomendasi desain balkon rumah yang pertama adalah menggunakan balkon bernuansa kayu. Balkon ini terlihat natural, hangat dan klasik, karena terbuat dari material kayu. Dengan desain seperti ini cocok dijadikan tempat untuk bersantai.

2. Desain Balkon Rumah Terbuka

Balkon dengan desain terbuka ini nampak tertata rapih, terkesan bersih dan nyaman. Konsep balkon yang terbuka ini menghubungkan balkon dan ruangan di dalam rumah.

3. Desain Balkon Rumah Modern Minimalis

Balkon ini cocok untuk rumah bergaya modern minimalis. Meskipun terlihat mungil tetapi terkesan bersih karena terdapat kaca. Dengan perpaduan warna – warna yang netral dapat memberikan kesan furistik pada rumah atau tempat tinggal.

4. Desain Balkon Rumah dengan Batu

Balkon ini terbuat dari material bebatuan. Desain seperti ini terlihat berkesan klasik seperti di kastil kuno. Dengan penambahan furniture seperti tanaman hias dan sofa – sofa untuk bersantai, menambah suasana natural.

5. Balkon Rumah dengan Taman

Balkon dengan desain ini memiliki tanaman – tanaman yang cukup banyak. Balkon ini cocok untuk rumah atau tempat tinggal yang tidak memiliki lahan yang cukup untuk bercocok tanam dan menginginkan rumah yang asri.

6. Balkon Minimalis Beton

Balkon minimalis dengan beton ini sering digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Balkon ini terbuat dari beton dan bahan – bahan lainnya seperti, batu bata, keramik, batu alam dan lain – lain.

7. Balkon Modern Besi

Balkon ini pembatasnya terbuat dari besi dan kawat. Balkon ini cukup kuat dan tahan lama dari cuaca yang ekstrem. Balkon besi dan kawat ini biasanya digabungkan dengan kaca bening.

8. Ciptakan Taman Vertikal

Rekomendasi yang ke delapan adalah ciptakan taman vertikal. Jika kalian ingin memiliki taman di rumah atau tempat tinggal kalian tetapi memiliki balkon yang berukuran kecil, kalian bisa memanfaatkan dinding yang kosong untuk menanam tanaman di dinding.

9. Balkon Bernuansa Eklektik

Rekomendasi selanjutnya adalah balkon bernuansa eklektik. Balkon ini menggunakan warna – warna yang menarik dan terang. Kalian bisa menambahkan furniture – furniture seperti, sofa, karpet, meja dan lain – lain yang berwarna cerah dan indah.

10. Balkon Berkanopi

Rekomendasi desain balkon rumah yang terakhir adalah balkon berkanopi. Balkon ini terdapat kanopi yang menciptakan suasana yang teduh di siang hari dan bisa melindungi diri dari air hujan.