google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Tips Membeli Apartemen untuk Pemula agar Paham

8 Pilihan Beli Apartemen di Bekasi dengan Prospek Bagus, Tak Bakalan Rugi!  - Artikel SpaceStock

Pilihan hunian kekinian bagi generasi milenial, sudah tentu adalah apartemen atau hunian vertikal. Apartemen memiliki sejumlah keunggulan terutama mengenai fasilitas yang lebih lengkap, apalagi kalau berkonsep superblok. 

Tips membeli apartemen untuk pemula memang sangat dibutuhkan. Sebagai orang awam, kita harus mengetahui apa saja yang harus diperhatikan sebelum memilih unit apartemen yang tepat.

Membeli sebuah properti seperti apartemen diperlukan pertimbangan dari berbagai aspek. Bukan hanya sebatas harga murah atau mahal, namun pertimbangan lokasi, fasilitas, hingga keamanan menjadi faktor penting untuk menentukan hunian apartemen yang tepat dengan kalian. Faktor – faktor tersebut sangat perlu diperhatikan agar kalian tidak menyesal dikemudian hari.

Pertimbangan Beli Apartemen

  1. Lokasi Strategis

Perusahaan pengembang memang membangun apartemen di lokasi yang strategis, berbeda dengan rumah tapak. Lokasi apartemen tidak hanya di pusat kota seperti kawasan niaga terpadu atau CBD (central business district). 

Pilihlah lokasi hunian yang berdekatan dengan lokasi kerja. Ini penting, dengan begitu kamu bisa menghemat biaya transportasi sehari – hari. Baik beli rumah atau apartemen, lokasi selalu menjadi poin penting.

2. Kemudahan Transportasi

Saat ini, banyak orang yang sudah mulai beralih dari memiliki mobil atau motor ke sarana transportasi publik atau taksi/ojek online. Bagi kalian yang mencari hunian vertikal yang dekat dengan transportasi massal atau transportasi publik, pastinya mencari halte atau stasiun terdekat. 

Berhubungan dengan poin sebelumnya, pilihlah lokasi apartemen yang berdekatan dengan akses jalan tol dan moda transportasi publik, seperti stasiun KRL, halte bus, stasiun MRT dan sebagainya.

3. Beli saat Soft Launching atau Pre-Order

Bagi kalian yang ingin membeli unit apartemen baru, tips membeli apartemen untuk pemula yang bisa kalian lakukan adalah beli pada saat soft launching atau pada saat proses pre-order.

4. Cari Tahu Kredibilitas dan Track Record Pengembang

Hal yang satu ini sangat penting untuk kalian yang pertama kali beli apartemen, apalagi jika ingin beli unit saat soft launching. Pada proses tersebut, gedung apartemen yang ingin kalian beli mungkin belum dibangun.

5. Cek Izin dan Legalitas Bangunan Apartemen

Supaya lebih yakin, kalian bisa cek kredibilitas pengembang dari izin dan legalitas apartemen. Pastikan pihak developer sudah mengantongi sertifikat HGB, IMB dan SIPPT dari pemerintah setempat.

6. Periksa Status Lahan

Aspek lain yang perlu diperhatikan adalah status lahannya. Apakah residensial atau komersial. Apabila status tanahnya masuk golongan komersial, maka nilai taksiran dan tagihan biaya – biaya untuk keperluan seperti listrik, air, kebersihan, akan lebih tinggi dibanding yang berstatus residensial.

7. Perhatikan Fasilitas dan Fitur yang di Tawarkan

Gali informasi seputar fasilitas apa yang ditawarkan dalam unit apartemen maupun fasilitas pendukung di sekitar apartemen. Pastikan fasilitas – fasilitas yang disediakan bisa memenuhi tujuan dan kebutuhan kalian.

8. Buat Perbandingan Harga Apartemen

Jangan terburu – buru mengambil keputusan ketika kalian akan membeli sebuah properti baik rumah maupun apartemen. Seperti yang kita ketahui, membeli sebuah properti bisa saja menjadi salah satu keputusan besar yang dampaknya cukup panjang. Salah satu pertimbangan beli apartemen yang perlu dilakukan adalah membandingkan harga apartemen.

9. Perhatikan Usia Bangunan Apartemen

Usia bangunan apartemen menjadi pertimbangan beli apartemen yang cukup vital apabila kalian berencana untuk membeli apartemen seken. Unit apartemen yang memiliki usia cukup tua biasanya memerlukan biaya perawatan yang nilainya cukup besar jika dibandingkan dengan bangunan baru.

10. Biaya Booking Fee

Sebagai penanda proses jual beli unit apartemen, biasanya biaya pertama yang dikeluarkan adalah biaya booking fee yang dibayarkan kepada pihak developer. Besaran biaya booking fee biasanya cukup beragam mengikuti kebijakan masing – masing developer.