google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Tips Membuat Rumah Menjadi Smart Home

Perkembangan zaman yang semakin modern, sekarang rumah atau tempat tinggal tidak hanya untuk tempat tinggal saja. Tetapi sudah banyak developer rumah menawarkan konsep teknologi, khususnya untuk kawasan kota – kota besar di Indonesia.

Jika kalian pecinta film Marvel pasti tidak asing lagi dengan Jarvis difilm Iron Man. Jarvis merupakan salah satu contoh smart home yang sangat canggih karena bisa memainkan lagu, menyalakan lampu, menutup jendela, menelpon teman dan lain – lain, hanya dengan berbicara saja.

Smart Home adalah rumah pintar yang bisa mengkontrol suatu benda secara otomatis seperti, otomatis pencahayaan, pemanasan, ventilasi, pendingin udara, keamanan dan peralatan rumah tangga lainnya.

Mengubah Rumah Lama Menjadi Smart Home

  1. Memilih Tipe Bangunan

Tips membuat rumah pintar yang pertama adalah memilih tipe bangunan. Sebelum membangun rumah pintar alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu kebutuhan peralatan smart home. Misalnya dari segi keamanan, kalian menggunakan sensor atau perangkat, segi kenyamanan, kalian bisa menggunakan sensor cahaya, wall plugin, suhu dan lain – lain.

2. Pastikan Wifi Memiliki Jaringan Kuat

Tips membuat rumah pintar yang ke dua adalah wifi jaringan kuat. Membuat smart home sangat diperlukan jaringan wifi yang kuat. Rumah pintar ini menggunakan sistem otomatis untuk mengontol dan memonitor perangkat teknologi di dalam rumah atau tempat tinggal.

Perangkat smart home membutuhkan alamat IP pada internet wifi, maka dari itu internet wifi harus stabil. Meskipun begitu ada juga perangkat yang tidak membutuhkan internet wifi seperti, lock door fingerprint dan CCTV.

3. Gunakan Sistem Smart Home yang Terpercaya

Membuat rumah pintar ini memiliki resiko karena menggunakan sistem resiko yang didapat sangatlah tinggi. Untuk mencegah resiko tersebut kalian harus memilih sistem smart home terpercaya. Maka dari itu keamanannya tetap terjaga, tidak mudah diduplikasi dan diretas.

4. Menggunakan Perangkat Pintar Sesuai Kebutuhan

Tips ke empat adalah sesuaikan dengan kebutuhan. Di kalangan masyarakat smart home terbilang hal yang masih baru, apa lagi di pedesaan banyak orang yang belum mengetahui perangkat ini.

Rumah pintar menggunakan perangkat yang canggih, pintar, dan modern yang bisa memberikan kemudahan, kenyamanan, keamanan, efisiensi bagi pemilik rumah atau tempat tinggal yang menggunakannya. Jika kalian pandai memanfaatkannya perangkat ini bisa menjadi gaya hidup baru kalian dalam sehari – hari. Yang terpenting adalah sesuaikan dengan kebutuhan kalian.

5. Ketahui Tata Ruang Rumah

Tips ke lima adalah ketahui tata ruang rumah. Untuk memasang perangkat smart home kalian harus mengetahui tata ruang rumah atau tempat tinggal kalian sendiri. Kalian harus pastikan tempat – tempat mana yang sering di tempati. Jadi kalian bisa mengetahui perangkat apa yang dibutuhkan.

6. Wajib Punya Smart Speaker

Tips membuat rumah pintar yang ke enam adalah wajib punya smart speaker. Apa itu smart speaker?? Smart speaker adalah voice command dan voice recognition yang bisa mendengarkan perintah yang disuruh. Perangkat ini seperti Jarvis di Iron Man. Jadi kalian bisa memerintahkan hanya dengan berbicara.

7. Pasang Produk Smart Home Lainnya

Tips membuat rumah pintar yang terakhir adalah pasang produk smart home lainnya. Perangkat – perangkat smart home yang sering digunakan adalah smart lamp yang bisa kalian mati dan hidupkan tanpa saklar, smart tv yang bisa kalian nyalakan dan matikan tanpa remote, CCTV yang bisa kalian tinjau dari jarak jauh hanya dengan melihatnya di smartphone, lock door fingerprint hanya dengan sidik jari dan produk – produk lainnya.