google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Tips Memilih Gorden yang Cantik untuk Rumah Minimalis

gorden

Kehadiran jendela di rumah menjadi salah satu elemen penting karena merupakan sebuah jalur sirkulasi udara bagi penghuni rumah. Namun, untuk menjaga privasi dari penghuni rumah, jendela seringkali ditambahkan dengan kain penutup. 

Kehadiran gorden di setiap rumah menjadi hal yang penting, jendela – jendela yang ada di setiap ruangan membutuhkannya untuk mempermanis rumah selain untuk menjaga privasi di dalam rumah. Gorden pun menjaga kalian beserta keluarga dari terlalu banyaknya sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan rumah kalian sehingga sekeluarga tetap merasa teduh.

Umumnya, saat kalian mencari model gorden minimalis di internet, kalian akan disugguhi oleh berbagai macam warna dan motif. Tapi tahukah kalian bahwa sebelum menentukan motif dan warna gorden, kalian perlu tahu tipe tirai seperti apa yang kalian mau atau butuhkan?

Tips Memilih Gorden yang Elegan

  1. Pemilihan Warna

Untuk memberikan kesan luas, cat dinding rumah mungil biasanya menggunakan warna – warna netral. Sementara, untuk pemilihan warna gorden kalian bisa menyesuaikan dengan warna cat dinding di rumah yang cenderung bernuansa netral.

Warna gorden yang akan dipasang untuk kamar anak biasanya akan berbeda dengan warna yang akan dipasang di ruang tamu. Pemilihan warna juga dipercaya dapat memengaruhi mood atau suasana hati dari orang yang tinggal di ruangan tersebut.

 2. Pilihan Jenis Kain

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan dalam memilih gorden jendela untuk rumah mungil adalah pilihan jenis kain. Sebab, jenis kain yang digunakan akan menentukan seberapa awet fungsi gorden di rumah kalian.

 3. Perhatikan Model

Tak hanya warna dan jenis kain, model gorden juga harus kamu perhatikan. Sebaiknya, gunakan model sederhana yang tak menggunakan banyak detail seperti rumbai – rumbai. 

Setiap orang pasti memiliki selera dan keinginan masing – masing untuk mempercantik rumah impian mereka. Pemilihan model ini menjadi penting karena memiliki nilai estetika tersendiri.

4. Pemilihan Motif

Pemilihan motif gorden untuk rumah mungil juga harus kalian perhatikan. Jika ingin menggunakan motif seperti floral atau garis – garis, patikan kalian tak menggunakan motif yang berukuran besar. 

5. Lakukan Pengukuran Terhadap Jendela Rumah

Kalian harus melakukan pengukuran terhadap jendela rumah kalian. Ukur dengan seksama panjang dan lebar dari setiap jendela yang terdapat pada ruangan – ruangan di rumah kalian. Kesalahan pengukuran dapat menyebabkan gorden yang kalian pasang terlalu kecil atau terlalu lebar sehingga mengurangi nilai estetika dari ruangan rumah kalian. Pastinya kalian tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?.

6. Pilihan Pengait

Pilihan pengait juga dapat memberikan kesan elegan bagi rumah minimalis kalian jika kalian memilih sistem pengait yang tepat dengan konsep ruangan kalian. Track, smoke ring, tab top dan ring adalah empat jenis sistem pengait yang dapatkalian pilih untuk menyempurnakan pemasangan gorden di rumah kalian.

  • Track: Sistem pemasangan manual yang menggunakan track adalah sistem paling umum dan telah digunakan sejak dahulu kala.
  • Smoke Ring: Smoke ring adalah pengait berbentuk cincin yang terbuat dari besi atau stainless. 
  • Tab Top: Tab top adalah sistem pemasangan gorden menggunakan perekat yang praktis dalam pemasangan dan pelepasan saat ingin diganti.

7. Sesuaikan Budget dengan Pilihan Model

Tidak kalah penting adalah menyesuaikan budget dengan pilihan model yang kalian inginkan. Membeli dengan model yang elegan tidak harus selalu mahal, sekarang banyak tempat yang menyediakan aneka model gorden yang cantik dan menawan dengan harga yang relatif terjangkau. 

8. Pilih Tingkat Opacity atau Transparansi Sesuai Fungsi Ruang

  • Vitrase

Vitrase merupakan material gorden dengan tingkat transparansi yang paling tinggi. Material ini termasuk tembus pandang sehingga cahaya matahari bisa menembus ke dalam rumah. 

Selain itu, vitrase tidak dapat memberikan privasi yang cukup bagi kalian dan keluarga. Walaupun dalam keadaan tertutup, sinar matahari dapat masuk dengan optimal ke dalam ruangan.

  • Semi Blackout

Material semi blackout banyak digemari karena jenis materialnya yang memiliki tingkat ketebalan yang cukup serta memiliki tingkat transparansi yang rendah. Cahaya matahari tetap akan menembus jendela rumah namun tak akan menyilaukan seperti material vitrase. 

Kalian juga akan mendapatkan cukup privasi dengan memasang produk dengan material semi blackout karena tidak terlalu tembus pandang jika dilihat dari luar jendela. Saat gorden tertutup, ruangan masih dapat tersinari matahari secara semu. 

3. Blackout

Material yang terakhir merupakan jenis material yang paling tebal dan tidak memiliki transparansi. Tingkat material blackout sangat cocok untuk dipasang pada jendela ruangan rumah yang membutuhkan tingkat privasi tinggi seperti kamar tidur.

Untuk ruangan yang membutuhkan privasi seperti kamar tidur, gorden blackout adalah pilihan yang tepat. Model ini terbuat dari bahan yang lebih berat dan memiliki lapisan tambahan.

9. Sesuaikan dengan Gaya Desain Rumah

  • Panel Pair: Panel pair adalah model gorden yang sangat umum digunakan untuk rumah ataupun hotel, terutama untuk jendela besar karena terdiri dari dua gorden terpisah. Model ini cocok untuk rumah bergaya klasik atau kontemporer.
  • Single Panel: Sama seperti namanya, single panel terdiri dari satu gorden. Bisa digunakan untuk jendela besar ataupun kecil dan sering ditemukan di rumah bergaya modern. Karena hanya menggunakan satu gorden, model ini fleksibel untuk dibuka ke arah kanan ataupun kiri. 
  • Window Treatment Set: Ini adalah model gorden full set, yaitu terdiri dari panel pair dan valance (kelambu penutup yang terletak di sisi atas). Model ini cocok untuk digunakan rumah klasik yang penuh dengan detail dan ukiran.