google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Tips Memilih Pakaian Kerja untuk Tampil Profesional

Tips Memilih Pakaian Kerja untuk Tampil Profesional (Foto: sumissura.com)

Setiap orang pasti ingin memiliki citra profesional di tempat kerja. Berbeda dengan pria, wanita memiliki banyak jenis pakaian yang dapat menguntungkan atau bahkan menjadi bumerang dalam berpenampilan di tempat kerja. Oleh sebab itu, selain kenyamanan wanita juga perlu selektif dalam memilih pakaian agar dapat tampil bagus, percaya diri, dan menyiratkan profesionalitas melalui pakaian yang dikenakan.

Bagi para pekerja kantoran dengan spektrum mode yang luas, ada beberapa tips yang bisa diikuti agar tidak salah dalam berpenampilan. Berikut adalah beberapa tips memilih pakaian kerja untuk memberikan tampilan yang tidak hanya menawan, namun juga profesional.

1. Peka Terhadap Tren

Peka Terhadap Tren (Foto: trendingofashion.com)

Berbicara mengenai dunia mode, tentu tak lepas dengan tren yang selalu bergulir tanpa henti. Sebagai seorang pekerja yang berinteraksi dengan banyak orang, penampilan adalah hal penting karena dianggap mampu menyiratkan karakter atau citra dari seseorang. Maka dari itu, Anda dituntut untuk selalu peka terhadap perubahan zaman, termasuk tren dalam berpakaian.

Di masa lalu, para wanita banyak mengenakan pakaian bisnis versi feminin untuk memberikan kesan yang kuat dan tegas. Berbeda dari masa tersebut, saat ini maskulinitas tidak lagi menjadi simbol kekuasaan yang mutlak. Hal ini didorong dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesetaraan gender dan kebebasan dalam berekspresi, termasuk berpakaian.

2. Berpakaian dengan Cerdas

Berpakaian dengan Cerdas (Foto: anindigoday.com)

Tak bisa dipungkiri, pekerjaan yang Anda geluti akan menentukan kebutuhan pakaian Anda. Maka dari itu, Anda dituntut untuk cerdas dalam memilih pakaian. Beberapa perusahaan bahkan memiliki ketentuan khusus mengenai pakaian yang patut dikenakan oleh para pekerjanya. Hal ini tentu tak boleh diabaikan untuk menunjukkan komitmen serta profesionalitas di tempat kerja.

Bagi Anda yang sering bepergian karena tuntutan pekerjaan, carilah pakaian bisnis yang sesuai untuk dibawa bepergian, misalnya saja pakaian dengan bahan yang tidak mudah kusut, nyaman, namun tetap bergaya. Pahami bahwa ketika bepergian, penampilan Anda tidak hanya mencerminkan siapa diri Anda, namun juga tempat kerja atau instansi yang Anda wakili. Pastikan bahwa lemari Anda memiliki pakaian yang cukup untuk melakukan variasi penampilan.

3. Pertimbangan Musim

Pertimbangan Musim (Foto: popsugar.com)

Tak hanya berlaku untuk pakaian kasual yang biasa dikenakan sehari-hari di rumah atau kala bepergian, pakaian bisnis juga perlu disesuaikan dengan musim. Penyesuaian ini tak hanya berhubungan dengan penampilan namun juga kenyamanan kala bekerja.

Meski tempat kerja Anda memberikan kebebasan dalam berpakaian, tentu rasanya tidak nyaman bukan mengenakan kemeja tipis dengan rok pendek di musim yang dingin? Maka dari itu, gunakan pakaian yang ringan dan breathable saat musim panas, sementara untuk musim dingin Anda bisa mengenakan pakaian yang lebih tebal dan hangat.

4. Berpakaian untuk Bekerja

Berpakaian untuk Bekerja (Foto: usushimd.com)

Terlalu fokus pada penampilan terkadang membuat seseorang memiliki mindset yang kurang tepat akan berpakaian. Oleh sebab itu, pahami bahwa ada kalanya Anda memahami lingkungan kerja dan berpakaian untuk kerja. Saat bekerja penampilan memang perlu diperhatikan, namun bukan berarti Anda terlalu fokus pada pakaian hingga melupakan tujuan awal, yaitu tampil profesional.

Menunjukkan selera mode dan tampil gaya untuk menegaskan individualisme memang boleh-boleh saja. Tetapi, jangan sampai hal tersebut justru membuat Anda tampak memaksakan diri. Kabar baiknya, untuk tampil profesional Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, sebab ada banyak pilihan pakaian yang murah dan mudah dipadukan.

5. Pakaian yang Umum

Pakaian yang Umum (Foto: whowhatwear.com)

Setiap orang pasti memiliki gaya pribadi untuk mengekspresikan diri. Meski demikian, tak ada salahnya untuk memiliki fashion item yang menjdi favorit para pekerja pada umumnya. Memiliki pakaian-pakaian yang umum di lemari akan memudahkan Anda dalam melakukan variasi penampilan. Hal ini juga bisa menjadi solusi apabila Anda mengalami kebuntuan dalam eksplorasi gaya.

Demikianlah beberapa tips mengenai pemilihan pakaian kerja yang bisa Anda ikuti. Salah satu poin penting dalam memilih pakaian kerja adalah memberikan penampilan dengan citra profesional, sehingga dapat mendukung karir Anda di dunia kerja. Meski demikian, tidak ada salahnya untuk menunjukkan selera pribadi Anda dalam berpakaian dalam beberapa kesempatan. Anda juga bisa melakukannya dengan leluasa di luar kantor untuk mengekspresikan diri dan mengeksplorasi gaya baru yang Anda inginkan.