google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Tips Menanam Tanaman Sayur di Rumah untuk Pemula

17 Ide Kreatif Bikin Kebun Sayur di Rumah Sendiri

Tanaman sayur tak kalah menarik untuk ditanam di depan rumah selama masa pandemi covid 19 seperti saat ini. Perlu kalian ketahui, pandemi covid 19 bagi beberapa orang juga menjadi bagian penting dalam mengubah gaya hidup, tak terkecuali untuk hidup organik sekalipun menjadi vegetarian.

Kemudahan menanam tanaman sayuran membuat cara organik paling populer di kalangan ibu rumah tangga. Menanam sayur sendiri dapat membantu kalian dan keluarga mendapatkan produk yang sehat, segar, lezat, dan berkualitas.

Sayuran organik lebih disukai karena minim dari zat kimia. Selain populer, cara menanam sayuran organik juga mudah. Bagi kalian yang hanya memiliki lahan kecil di rumah pun bisa menanam berbagai sayuran organik. Nah, agar tanaman kalian tumbuh maksimal, ikuti cara menanam sayuran organik di bawah ini, ya.

Tanaman Sayur Pastinya Segar untuk di Konsumsi di Rumah, Simak Beberapa Tipsnya Berikut ini

  1. Budikdamber dan Kangkung

Teknik budikdamber dan kangkung merupakan salah satu cara yang sangat cepat dan populer saat ini. Pasalnya, kombinasi budidaya ikan dan menanam sayur kian populer karena hanya membutuhkan ember sebagai media tanam yang solutif.

2. Teknik Hidroponik Tanaman Sayur Sederhana

Sudah lama dikenal sebagai teknik menanam modern, hidroponik merupakan cara yang tepat dalam menghasilkan tanaman  sayur, khususnya di rumah sempit. Tak melulu harus menggunakan media tanam yang baru, kalian pun bisa memulai hidroponik sederhana dari botol – botol minuman yang dicampur dengan arang sekam yang diiris bagian atas dan bawah.

3. Hidroponik Instalasi

Dalam beberapa waktu ke belakang, hidroponik instalasi kian diminati sebagai salah satu jenis media tanaman sayuran terbaik. Instalasi hidroponik di rumah merujuk pada penggunaan pipa paralon maupun berbagai jenis plastik lainnya. Keunggulan dari teknik ini ada pada sisi kapasitas tanaman dengan jumlah besar, sekalipun dapat dibangun dalam bentuk vertikal yang tinggi.

4. Pilih Bibit Berkualitas

Tak hanya sekadar media tanam, kalian pun juga diharuskan untuk memilih bibit – bibit berkualitas untuk tanaman sayur di rumah. Pemilihan bibit unggul merujuk pada varietas dan gen dari tanaman sayur, sehingga dapat tumbuh subur dan segar untuk dikonsumsi.

Cara menanam sayuran agar berhasil adalah membeli bibit – bibit organik yang sudah bersertifikat tanpa menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya. Bibit yang berkualitas akan menghasilkan sayuran yang berkualitas pula.

5. Pot Kantong Tanaman

Selain hidroponik, pot kantong tanaman juga sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan tanaman sayur di rumah. Tak hanya lebih murah, pemilihan pot kantong tanaman juga sangat efektif sekalipun lebih terjangkau dari segi biaya operasional. 

6. Persiapkan Tanah yang Baik

Tanah yang baik akan menghasilkan sayuran yang baik. Buatlah tanah yang mengandung banyak bahan organik seperti kompos dan lainnya. Usahakan agar tanah tersebut tetap subur dan gembur. Kalian dapat membuat tanah gembur dari kompos. 

7. Pilih Lahan yang Terkena Sinar Matahari

Dalam menanam sayuran secara organik lebih baik dilakukan pada lahan yang mendapat sinar matahari penuh. Lahan sayuran tersebut harus tersinari setidaknya 6 – 10 jam sehari. Namun, jangan khawatir ada beberapa sayuran yang cukup mendapat sinar matahari selama 3 jam/hari seperti selada, kangkung, seledri dan sawi.

8. Rutin Menyiram

Selain sinar matahari yang cukup, tanaman juga harus memiliki kelembapan yang cukup. Untuk bibit yang  belum tumbuh, disarankan untuk menyiramnya dengan rutin, pada pagi dan sore hari dengan air yang cukup. Ini bertujuan untuk mempercepat tumbuh akarnya. Sedangkan untuk tanaman yang sudah tumbuh caranya, masukkan jari kalian pada tanah sedalam 3 sentimeter pada pagi hari. Apabila masih terasa lembap, itu berarti kandungan air pada tanah masih ada. Kalian tidak perlu menyiram dulu, lakukan penyiraman pada sore hari.

9. Tanam Beberapa Bunga

Proses pertumbuhan sayuran bergantung pada sifat alam, dan penyerbukan yang dapat membantu mereka. Ini merupakan salah satu faktor keberhasilan cara menanam sayuran organik di pekarangan rumah. Tanamlah beberapa bunga di dalam atau dekat taman sayuran untuk mengundang lebah melakukan penyerbukan.

10. Buat Kompos dan Mulsa Sendiri

Salah satu hal terbaik cara menanam sayuran organik yang dapat kalian lakukan adalah menyediakan banyak bahan organik seperti, kompos. Kompos dapat membantu tanah untuk mempertahankan kelembapan, sebagai nutrisi tanaman dan cacing serta mikroba yang bisa membantu memperbaiki tanah.