google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Tips Menata Tanaman di Dalam Rumah Agar Terlihat Indah

Menata tanaman di dalam rumah bisa memberikan energi positif. Adanya tanaman di dalam ruangan dapat mempercantik dan memperindah ruangan. Selain itu, tanaman-tanaman tersebut bisa membersihkan udara dalam ruangan agar lebih segar.

Dalam menata tanaman, kalian tidak boleh menatanya dengan sembarangan. Ruangan akan terasa sumpek jika penataan tidak diperhatikan. Apalagi jika ukuran rumah yang kecil dan tidak ada ventilasi yang cukup.

Adanya tanaman di dalam rumah bisa memberikan kehidupan dengan suasana yang asri, tentu saja berbeda di luar rumah. Berikut tips menata tanaman di dalam rumah :

Tips Menata Tanaman di Dalam Rumah

  1. Tanaman di Bawah Tangga Lantai Atas

Tips yang pertama yakni gunakan area kosong pada bawah tangga untuk tanaman kalian. Meskipun tidak terlalu luas tetapi adanya tanaman disini bisa mempercantik rumah atau tempat tinggal kalian.

2. Menggunakan Rak Berbentuk Tangga yang Manis

Dalam menata tanaman seperti bisa dilakukan di rumah atau tempat tinggal yang minimalis sekalipun. Karena menata tanaman ini tidak perlu area yang luas, hanya menggunakan tangga kayu dan pot – pot kecil di setiap anak tangga.

3. Tanaman Kaktus Lucu

Seperti yang kita ketahui kaktus tidak memerlukan banyak perawatan, kalian tidak perlu menyiramnya setiap hari. Kaktus ini terlihat lucu menggemaskan karena ukurannya yang mini dan berbagai macam bentuk. Tanaman kaktus cocok sekali untuk rumah atau tempat tinggal yang berukuran kecil.

4. Cat Ulang Pot

Tips ke empat adalah cat ulang pot. Dalam menata tanaman ini kalian tidak perlu membeli pot yang lain, hanya cukup cat ulang pot yang kalian punya dengan menggunakan chalkboard paint atau cat papan tulis. Cat ini berjenis hasil yang matte, maka dari itu dia cepat kering.

Kalian bisa mewarnainya dengan warna selera kalian. Kalian juga bisa mengkreasikan pot kalian sesuka kalian, setelah diwarnai kalian harus mengecatnya lagi yang ke dua menggunakan kuas yang kecil.

5. Buat Peninggi Pot Sendiri

Tips ke lima adalah buat peninggi pot. Dalam menata tanaman ini kalian tidak perlu peninggi pot, kalian bisa membuatnya sendiri di rumah atau tempat tinggal kalian. Yang kalian perlukan untuk membuat peninggi pot ini adalah 2 pot yang berukuran kecil dan besar. Lalu kalian gabungkan alas pot tersebut dengan lem tahan air.

6. Kelompokkan Tanaman Dalam Bilangin Ganjil

Tips selanjutnya yakni dengan mengelompokkan tanaman. Dalam menata tanaman ini kalian hanya perlu mengatur ukuran pot dari yang terkecil hingga terbesar. Pot yang ukuran kecil di tempatkan di depan dan begitu juga pot yang ukuran besar di tempatkan di belakang.

7. Tampilkan Warna Senada

Dalam menata tanaman ini kalian hanya perlu menyamakan warna tanaman dengan yang lain. Jadi tanaman yang berwarna merah digabungkan dengan tanaman warna merah juga, begitu juga yang lain.

8. Gunakan Pot Plastik

Tips ke delapan adalah gunakan pot plastik. Dalam menata tanaman ini berguna jika jenis tanaman yang kalian tanam membutuhkan sinar matahari, jadi kalian sering memindahkannya ke luar rumah. Menggunakan pot plastik memudahkan kalian memindahkan tanaman dan tidak mudah pecah.

9. Sesuaikan dengan Warna Rumah

Tips selanjutnya adalah sesuaikan dengan warna rumah atau tempat tinggal kalian. Dalam menata tanaman ini kalian bisa menyesuaikan warna rumah. Misalnya warna furniture kalian kebanyakan berwarna cokelat maka dari itu pot kalian berwarna cokelat juga.

10. Hindari Menggunakan Tanaman Besar di Ruangan Kecil

Tips yang terakhir, hindari tanaman besar di ruangan kecil. Dalam menata tanaman ini harus disesuaikan dengan ruangan yang akan kalian taruh tanaman tersebut. Jika ruangannya kecil gunakan tanaman yang ukurannya kecil juga, agar tidak terkesan sempit dan sumpek.