google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Tips Menggunakan Masker Saat Musim Kemarau

Tips Memakai Masker di Musim Kemarau

Pandemi virus corona di Indonesia masih belum menemukan akhirnya. Karena itulah, menggunakan masker merupakan satu hal yang sangat diwajibkan, ditambah lagi ketika Anda sedang menjalankan aktivitas di luar rumah dengan menerapkan kebiasaan baru.

Namun sayangnya hingga saat ini masih ada juga orang yang enggan memakai masker, apalagi dengan cuaca yang cukup panas. Apakah mungkin Anda termasuk dalam salah satu orang yang merasakan hal yang sama?

Jika Anda merasakan hal tersebut mungkin segera untuk mencarai solusi. Hal ini disebabkan penggunaan masker selama masa pandemi virus corona ini merupakan kewajiban yang memang harus dipatuhi.

Penting Menggunakan Masker Selama Masa Pandemi Covid-19

Seiring terus berjalannya masa pandemi Covid-19 di seluruh belahan dunia, kebijakan kebiasan baru atau new normal memang sudah diterapkan oleh sejumlah negara. Kebiasaan baru ini merupakan semua masyarakat dapat beraktivitas dan produktivitas dalam kehidupan sehari – hari, tentynya dengan menerapkan protokol kesehatan selama masa pandemi virus corona.

Bukan hanya selalu menjaga jarak dan rutin mencuci tangan, tetapi protokol kesehatan tersebut juga termasuk di dalamnya adalah selalu mengenakan masker pada saat berada di luar rumah.

Berkaitan dengan penggunaan masker, hal ini tentu sangat penting untuk dilakukan supaya dapat menurunkan risiko penularan dari virus corona. Dijelaskan juga oleh dokter Devia Irine Putrim baik memakai masker bedah atau pun masker berbahan dasar kain, kedua jenis masker ini masih sama – sama mampu untuk menurunkan risiko penularan virus corona.

‘’Paling bagus memang harus menggunakan masker bedah. Akan tetapi, kalau pun Anda masih ingin menggunakan masker berbahan kain juga tidak masalah. Selama masker yang digunakan ini memiliki ketebalan yang cukup dan rutin dicuci setelah dipakai, masker kain ini juga dapat membantu para penggunanya menurunkan risiko penularan Covid-19,’’ jelas dokter Devia.

‘’Harus menyediakan dua sampai tigas masker di dalam tas memang sangat penting. Hal ini berguna sekali sebagai cadangan jika masker yang saat Anda gunakan ini dalam keadaan rusak, basah maupun kotor. Jadinya, bukanya hanya satu masker saja yang selalu Anda gunakan, tetapi harus selalu di bawa dalam tas Anda,’’ tambahnya lagi.

Lebih lanjut lagi, dokter Devia juga menekankan jika penggunaan masker ini bisa dikombinasikan dengan menerapkan protokol kesehatan yang lainnya selama masa pandemi dengan cukup efektif agar bisa menurunkan angka penyebaran Covid-19.

‘’Menjalin interaksi dengan orang lain, masuk ke dalam gedung perkantoran, ngumpul dan ngongkrong di café, semua aktivitas ini memang bisa berisiko tinggi menularkan virus corona. Akan tetapi, jika Anda menggunakan masker serta tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku, maka kemungkinan untuk tertular virus corona juga bisa diminimalkan,’’ jelas dari dokter Devia.

‘’Sementara itu juga masih banyak orang – orang yang berada di sekitar Anda mungkin harus selalu mengenakan masker supaya benar – benar mencegah jika Anda di antara mereka yang berbicara ataupun berada di dekat Anda,’’ jelasnya lagi.

Masker Yang Dipakai Bikin Kepanasan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mungkin tidak banyak orang yang betah menggunakan masker, ditambah lagi dengan cuaca yang cukup panas. Tentu saja alasannya adalah gerah ketika menggunakan, lemas atau bahkan ada yang sampai merasakan kesulitan bernapas.

Salah satu professor dari Divisi Penyakit Menular di Fakultas Kedokteran Virginia Commonwealth University, Dr. Richard Wenzel telah menjelaskan pada saat terdapat udara panas yang terperangkap di dalam masker ini, tentu saja bakalan membuat seseorang merasakan lemas, gerah atau bahkan bisa sampai merasakan sakit kepala.

Melengkapi penjelasan dari Dr. Richard Wenzel, dokter Devia juga mengatakan rasa panas ini bisa saja terjadi dikarenakan adanya sirkulasi udara yang cukup terbatas pada saat menggunakan masker. Hal tersebut bakalan menyebabkan sensasi panas dan gerah.

‘’Wajar saja bila seseorang merasakan gerah ketika menggunakan masker. Ditambah lagi jika musim kemarau atau musim panas, area yang tertutup masker ini bisa saja basah karena keringat dan membuat tidak nyaman dipakai. Kendati pun seperti itu, penggunaan masker masih harus tetap dilakuikan oleh siapa saja dan tidak diperbolehkan untuk melepaskan masker di sembarangan tempat,’’ tegas dari dokter Devia.

Begini Cara Memakai Masker Selama Musim Kemarau

Ingin tahu cara untuk menggunakan masker di siang hari supaya tetap merasakan nyaman dan aman. Inilah beberapa langkah atau cara yang bisa digunakan oleh Anda untuk memakai masker.

  • Pilih Masker Dengan Bahan Katun

Mengacu pada penjelasan yang sudah ada di atas, masker yang terbuat dari bahan katun ini tentu saja akan lebih mudah untuk menyerap udara jika dibandingkan dengan masker dari bahan yang lainnya.

Bahan katun ini biasanya tampak jauh lebih lembut, sehingga sirkulasi yang ada di dalam maupun di luar masker ini akan selalu terjaga.

  • Pakai Masker Dengan Benar

Pastikan masker yang Anda pakai ini tidak kecil, dikarenakan hal tersebut justru dapat menyebabkan sesak napas dan membuat perlindungan menjadi kurang maksimal. Begitu pula dengan masker yang terlalu besar, tidak akan bisa melindungi saluran pernapasan Anda secara maksimal.

Oleh karena itulah, akan lebih baiknya lagi jika Anda memakai masker dengan ukuran yang pas dan sesuai, tidak kebesaran atau pun kekecilan. Ini semua bakalan bisa membuat Anda tepat nyaman dan aman memakai masker.

  • Segera Ganti Masker Ketika Basah

Keringat yang sudah menempal di bagian dalam masker ini akan membuat masker menjadi lebih lembap dan juga membuat masker ini tidak nyaman digunakan.

Bukan hanya itu saja, masker yang dalam kondisi basah juga mempunyai sirkulasi udara kurang baik sehingga para penggunanya bakalan merasakan kesulitan pada saat bernapas.

Maka dari itulah, ada baiknya untuk segera mengganti masker dengan yang baru jika masker terlihat lebih basah dan lembap. Dengan memakai masker yang baru ini akan membuat Anda menjadi lebih lega dan leluasa ketika bernapas.

  • Memakai Masker Jika Diperlukan

Memakai masker ini memang sudah menjadi kewajiban selama masa pandemi virus corona belum berakhir. Akan tetapi, aturan tersebut hanya diberlakukan ketika Anda sedang berada di luar rumah, seperti halnya berada di lokasi atau tempat umum serta lokasi yang menjadi pusat keramaian.

Jika Anda hanya berada di dalam rumah saja, sebaiknya untuk tidak menggunakan masker. Namun, Anda masih tetap bisa menerapkan protokol kesehatan yang lainnya, seperti halnya selalu mencuci tangan dengan air bersih dan mengalir serta gunakan sabun, menjaga kebersihan rumah setiap harinya.

Inilah cara untuk menggunakan masker supaya setiap orang masih merasakan kenyamanan dan aman pada saat beraktivitas di luar ruangan pada saat musim kemarau yang cukup panas.

Selain itu, kita semua juga selalu menerapkan protokol kesehatan selama masa pandemi seperti sekarang ini dengan cara menjaga kesehatan dan gaya hidup sehat supaya sistem kekebalan tubuh selalu terjaga.