google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Tommy Santai Aset Perusahaan Miliknya Yang Disita Bakal Dilelang Pemerintah

Pemerintah Sita Sejumlah Aset Milik Tommy Soeharto Terkait BLBI

Sejumlah harta milik Hutomo Mandala Putra, alias Tommy Soeharto, yang merupakan bagian dari aset PT Timor Putra, akan dilelang oleh pemerintah. Proses pelelangan tersebut akan dilakukan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang, atau KPKNL Jakarta V. Nilai limit dari pelelangan tersebut diketahui mencapai Rp2,4 triliun sementara untuk nilai jaminannya diketahui mencapai Rp1 triliun. 

Kegiatan pelelangan aset milik Tommy itu akan dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2022, dan ini merupakan tindak lanjut dari penyitaan aset perusahaan oleh satgas penanganan hak tagih negara dari kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Menurut keterbukaan informasi yang dimuat pada harian Kompas dengan nomor Peng-11/WKN/07/KNL/05/2021, jenis lelang yang akan digelar itu adalah lelang tertutup lewat internet atau Closed Bidding. 

Aset Yang Akan Dilelang

Pemerintah menjelaskan, bahwa nantinya dalam kegiatan pelelangan secara tertutup tersebut, akan ada empat aset yang akan ditawarkan. Pertama adalah sebidang tanah dengan Surat Hak Guna Bangunan (SHGB) Nomor 3.Kamojing dengan luas sebesar 518.870 m2. Aset tanah ini diketahui atas nama PT Timor Industri Komponen, yang lokasinya berada di Desa Kamojing.

Kedua adalah sebidang tanah dengan Surat Hak Guna Bagungan (SHGB) Nomor 4/Kamojing, dengan luas mencapai 530.125,526 m2 dengan atas nama PT KIA Timor Motors yang berlokasi di Desa Kamojing. 

Kemudian yang ketiga adalah sebidang tanah dengan Surat Hak Guna Bangunan (SHGB) Nomor 5/Cikampek Pusaka, yang luasnya mencapai 100.985,15 m2 dengan atas nama PT KIA Timor Motors. Tanah ini diketahui berada di Desa Cikampek Pusaka. 

Terakhir, aset yang keempat adalah sebidang tanah dengan Surat Hak Guna Bangunan (SHGB) Nomor 22/Kalihurip. Aset tanah yang berlokasi di Desa Kalihurip ini memiliki luas sebesar 98.896,700 m2 yang diketahui atas nama PT KIA Timor Motors. 

“Keempat bidang tanah itu diketahui berada di Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat”, ungkap Kepala KPKNL Jakarta V Adriana Viveryanti saat mengumumkan detail aset yang akan dilelang tersebut. 

Empat aset tanah milik Tommy itu adalah yang sebelumnya disita oleh petugas dari Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), yang dijadikan sebagai jaminan kredit debitur PT Timor Putra Nasional. Penyitaan sendiri dilaksanakan pada tanggal 5 November 2021 lalu, yang telah sesuai dengan putusan dari pihak pengadilan. Tommy juga telah diberikan panggilan oleh Satgas sebagai bagian dari penagihan utang PT Timor Putra Nasional itu.

Cara Ikut Lelang

Meski acara pelelangan itu nantinya dilakukan secara tertutup, namun pihak KPKNL menyatakan bahwa publik juga boleh untuk bergabung dalam lelang itu. Pihaknya pun juga telah membagikan beberapa tahapan bagi masyarakat yang ingin mengikuti lelang aset milik Tommy Soeharto itu. 

  1. Pertama, calon peserta harus mendaftar akun dan masuk ke Lelang.go.id.
  2. Pilih objek lelang yang tersedia yang hendak dibeli, kemudian klik pada tombol Ikut Lelang.
  3. Centang status keikutsertaan dan kemudian anda diharuskan melengkapi dokumen sesuai dengan syarat pengumuman lelang.
  4. Centang juga pernyataan “Saya berkehendak untuk mengikuti lelang, serta telah membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan lelang ini”.
  5. Setelahnya, klik tombol Ikuti Lelang Ini.
  6. Kemudian anda harus menyetor uang jaminan lelang sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan.
  7. Lalu klik pada tombol Lihat Petunjuk Pembayaran, untuk mengetahui informasi lebih detail mengenai cara melakukan pembayaran.
  8. Nantinya, pihak dari KPKNL akan melakukan proses verifikasi terhadap penyetoran uang jaminan lelang terlebih dahulu, dan setelah disetujui anda akan mulai bisa mengajukan penawaran lelang. Perlu dicatat, anda juga harus mendaftarkan rekening bank yang akan digunakan dalam transaksi pelelangan tersebut. 

Setelah langkah-langkah di atas telah dilakukan, kemudian anda bisa untuk mulai melakukan penawaran harga ketika proses lelang telah dimulai. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke situs Lelang.go.id.
  2. Klik tombol Lelang Saya.
  3. Pilih Status Lelang.
  4. Klik tombol Lelang Yang Sedang Diikuti.
  5. Anda bisa melakukan penawaran hingga beberapa kali sampai dengan waktu yang disediakan telah habis. Dan setelahnya, pengumuman pemenang lelang pun akan dilakukan.

Tommy Tanggapi Santai Asetnya Bakal Dilelang

Putra bungsu dari Presiden Soeharto itu tidak banyak berkomentar mengenai pemerintah yang akan melelang sejumlah aset tanah yang dia miliki, bahkan Tommy terkesan santai akan rencana tersebut. Tommy mengatakan bahwa dirinya tidak memiliki utang yang terkait dengan kegiatan pelelangan tersebut. Dia sangat yakin bahwa sebenarnya tidak ada asetnya yang disita oleh Satgas BLBI, sebab utang yang menjadi permasalahan dalam kasus ini, dijelaskan oleh Tommy bahwa itu bukanlah tanggung jawab yang harus dia jalankan. 

Namun dirinya tidak membantah, bahwa sejumlah aset yang dimiliki oleh PT Timor Putra Nasional yang sebelumnya disita oleh Panitia Urusan Piutang Negara bakal dilelang pada bulan depan.

“Gak ada penyitaan, orang gak ada utangnya kok. Rencana lelangnya itu kan bulan depan, ya kita tunggu saja,” kata Tommy saat menjawab pertanyaan dari awak media. 

Tommy Soeharto Bersama Menteri Tunky Ariwibowo dan Perwakilan KIA Motors Asal Korea Selatan Saat Meluncurkan Mobil Timor Kala Itu

Tommy sendiri juga tidak menjelaskan apakah dari pihaknya nanti akan melakukan upaya hukum terkait dengan rencana pelelangan oleh pemerintah itu. Namun sebelumnya dari kuasa hukum Tommy mengatakan bahwa pihaknya akan mengambil langkah hukum yang saat ini masih dipertimbangkan. 

Pihak pemerintah pun akan menunggu langkah hukum seperti apa yang akan diambil oleh pihak Tommy. 

“Nanti kita akan sama-sama lihat, apa yang bakal beliau lakukan,” jelas Direktur Hukum dan Humas Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dari Kementerian Keuangan Tri Wahyuningsih Retno Mulyani. 

Sibuk Bangun Lapangan Golf

Tommy sepertinya tidak terlalu pusing memikirkan sejumlah asetnya yang akan dilelang oleh pemerintah bulan depan. Hal ini terlihat dengan dirinya yang justru membangun sebuah lapangan Golf New Palm Hill Eco Green. Lapangan Golf itu memiliki luas mencapai 87 hektare dan 18 hole yang biayanya disebut telah menghabiskan dana hingga Rp200 miliar. Hal ini terungkap dari siaran pers yang diterbitkan Media Relations dari New Palm Hill Golf. 

Pembangunan lapangan Golf itu pun juga diresmikan sendiri secara langsung oleh Tommy Soeharto, yang menjadi Komisaris Utama PT Boreco. Dalam peresmian itu, Tommy didampingi oleh anaknya yang bernama Darma Mangku Luhur Hutomo, serta sejumlah jajaran Direksi dari PT Boreco, hari Jumat tanggal 17 Desember 2021 kemarin. Acara peresemian itu digelar di dekat Sirkuit Sentul yang berada di Desa Tajur, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Lapangan Golf New Palm Hill Eco Green itu rupanya adalah lapangan Golf keempat, yang dibangun oleh Tommy Soeharto. Dia sebelumnya telah berhasil tiga lapangan Golf lain yakni, New Kuta Bali, Black Rock yang ada di Belitung dan juga Palm Hill yang ada di Sentul, Bogor. 

Lapangan Golf yang baru dibangun Tommy itu dijelaskan oleh pihak perusahaan akan mengusung tema eco green dan back to nature, di mana pasokan untuk kebutuhan listrik lapangan tersebut akan bersumber dari panel surya. Selain itu juga akan memanfaatkan tenaga angin dan arus dari air sungai yang ada di sekitar lokasi untuk menggerakkan turbin. Sementara untuk kebutuhan air, lapangan itu juga bakal menggunakan sistem pompa hidram tanpa adanya penggunaan listrik. 

Secara keseluruhan, lapangan Golf tersebut akan menyediakan banyak ruang terbuka dan berupaya memaksimalkan keindahan alam yang ada di wilayah tersebut, dan menonjolkan unsur bebatuan, air serta tumbuhan. Selain hamparan lapangan Golf, tempat tersebut juga menyediakan fasilitas penginapan berupa Club House dan Villa untuk memberikan tempat yang nyaman bagi orang-orang yang bermain Golf. 

Tommy Soeharto Saat Resmikan Pembangunan Proyek Lapangan Golf

Sedangkan untuk akses menuju lapangan tersebut, Tommy juga telah membangun infrastruktur jalan tembus yang berasal dari Desa Hambalang yang menembus Puncak Dua, Bogor, yang merupakan bagian dari area lahan milik PT Boreco, yang banyak dikelilingi oleh bukit-bukit serta hutan pinus. 

Kawasan tersebut rupanya juga dikelilingi oleh lahan-lahan perkebunan yang dikelola oleh masyarakat sekitar, sehingga juga menawarkan potensi wisata alam dengan keindahannya. Lapangan Golf tersebut rupanya dibangun juga sebagai bagian dari pengembangan Wisata Alam Bogor Raya Eco Park yang telah lebih dulu dibangun. 

Pihak perusahaan berharap pembangunan lapangan Golf itu nantinya akan mampu menyerap tenaga kerja sampai dengan 1000 pekerja, yang diutamakan dari masyarakat sekitar. Sementara untuk target rampungnya pembangunan lapangan Golf itu diharapkan bisa selesai pada tahun 2023 mendatang. 

Awal Mula Penyitaan Hingga Lelang Aset

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menjelaskan bahwa tindakan penyitaan terhadap aset atas nama PT Timor Putra Nasional yang dimiliki oleh Tommy Soeharto dilakukan bulan lalu. Hal tersebut lantaran dari pihak Timor Putra Nasional dianggap telah melakukan penunggakan utang ke negara yang jumlahnya mencapai Rp2,374 triliun.

Awalnya, utang tersebut timbul dari pihak Timor Putra Nasional yang mendapatkan fasilitas pinjaman dari Bank Bumi Daya, yang kini telah berganti nama menjadi Bank Mandiri. Dijelaskan oleh Mahfud, sejumlah lahan itu dijadikan sebagai objek jaminan kepada negara. Kemudian jaminan kredit yang digunakan berasal dari rekening giro dan juga rekening depostotida. Namun kemudian dialihkan karena pada saat itu pihak Kantor Pajak melakukan penyitaan.

Sehingga selanjutnya untuk menyelesaikan hak tagih negara kepada Timor Putra Nasional, Satgas BLBI pun menyita aset yang dimiliki perusahaan Tommy berupa lahan dengan luas 124,88 hektar tersebut.