Traveler Indonesia Bisa Berwisata ke Inggris Tanpa Karantina

Indonesia dikeluarkan dari daftar merah pandemi Covid-19, WNI bisa berwisata ke Inggris tanpa karantina (foto: unsplash/@lucas_davies)

Kabar baik bagi traveler yang ingin berwisata ke Inggris!

Pada Senin, 11 Oktober 2021 pukul 04.00 waktu setempat, Pemerintah Inggris melalui keterangan resmi mengeluarkan Indonesia dari daftar merah (red list) pandemi Covid-19. Informasi dikeluarkannya Indonesia dari daftar merah juga diumumkan melalui unggahan akun Facebook Indonesian Embassy London dan situs resmi Kementerian Luar Negeri pada Jumat, 8 Oktober 2021.

Nantinya, traveler yang berkunjung ke Inggris dibagi dalam dua kategori, yaitu Fully Vaccinated dan Not Fully Vaccinated. Hal ini memungkinkan warga negara Indonesia atau WNI untuk berwisata ke Inggris tanpa karantina. Namun, peraturan bebas karantina hanya berlaku bagi traveler Indonesia yang telah divaksin Covid-19 lengkap setidaknya 14 hari sebelum keberangkatan.

Sedangkan bagi traveler yang belum divaksin diwajibkan untuk menjalani karantina selama 10 hari berdasarkan ketentuan yang ada. Selain Indonesia, ada beberapa negara lain yang juga dikeluarkan dari daftar merah Inggris. Diantaranya adalah Brasil, Mesir, India, Maladewa, dan Oman.

Vaksin yang diterima Inggris

Untuk syarat traveler sudah divaksin, Pemerintah Inggris hanya akan mengakui penggunaan empat merek vaksin. Traveler harus memiliki satu rangkaian lengkap atau dua dosis dari salah satu vaksin Pfizer, Astrazeneca, Moderna, atau Janssen minimal 14 hari sebelum tiba di Inggris.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di London Sekaligus Landmark Inggris

Persyaratan masuk ke Inggris

Jika traveler ingin berkunjung ke Inggris untuk liburan dalam waktu dekat, ada sejumlah syarat yang harus dilengkapi berdasarkan kategori yang telah disebutkan. Berikut beberapa persyaratan yang perlu dilengkapi.

Kategori Fully Vaccinated

  • Memesan tes Covid-19 untuk hari kedua secara online yang dilakukan sebelum tiba di Inggris
  • 48 jam sebelum keberangkatan harus mengisi Passenger Locator Form
  • Memasukkan nomor pemesanan tes Covid-19 yang dipesan sebelumnya dalam Passenger Locator Form
  • Menyiapkan sertifikat vaksin Covid-19 dalam bahasa Inggris, Spanyol, atau Jerman yang diterbitkan pemerintah. Sertifikat harus menyertakan informasi lengkap nama, tanggal lahir, merek atau produsen vaksin, tanggal vaksin setiap dosis, dan negara yang menerbitkan sertifikat (dalam hal ini Indonesia)
  • Pada hari atau sebelum hari kedua tiba di Inggris melakukan tes Covid-19
  • Jika hasil tes Covid-19 negatif tidak wajib karantina

Kategori Not Fully Vaccinated

  • Melakukan tes Covid-19/PCR dalam tiga hari sebelum keberangkatan
  • Memesan tes Covid-19 pada hari kedua dan kedelapan setelah tiba di Inggris secara online  
  • 48 jam sebelum keberangkatan harus mengisi Passenger Locator Form
  • Memasukkan nomor pemesanan tes Covid-19 yang dipesan sebelumnya dalam Passenger Locator Form
  • Setibanya di Inggris, traveler wajib karantina mandiri selama 10 hari
  • Melakukan tes Covid-19 pada atau sebelum hari kedua dan kedelapan

Tidak menggunakan vaksin yang diterima Inggris

Bagi pengunjung yang sudah divaksin lengkap namun tidak menggunakan empat vaksin yang diterima Inggris, harus memenuhi persyaratan:

  • Wajib melakukan tes Covid-19 tiga hari sebelum keberangkatan
  • Setibanya di Inggris harus melakukan tes Covid-19 pada hari kedua dan kedelapan
  • Wajib karantina mandiri selama 10 hari atau melakukan Test to Release pada hari kelima

Baca juga: 9 Bandara Paling Berbahaya di Dunia, Traveler Berani Coba Kunjungi?

Bepergian dengan anak-anak

Anak-anak dengan usia berapapun tidak perlu dikarantina setibanya di Inggris. Untuk anak usia empat tahun ke bawah tidak perlu melakukan tes Covid-19. Sedangkan anak-anak usia 5-17 tahun tidak perlu melakukan tes Covid-19 sebelum keberangkatan. Namun, mereka wajib melakukan tes Covid-19 pada atau sebelum hari kedua setelah tiba di Inggris. Untuk hari kedatangan tidak dihitung.

Untuk informasi lebih lanjut tentang syarat vaksin dan perjalanan ke Inggris bisa dicek di situs syarat perjalanan ke Inggris dan tes Covid-19.

Nah, traveler yang punya rencana liburan ke Inggris, bisa mulai menyiapkan semuanya setelah mengetahui persyaratan yang diperlukan. Selamat berlibur! (ds3)