google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Traveling ke-7 Kota Tuan Rumah Euro 2020, Tertarik?

Aerial view Budapest, salah satu kota tuan rumah Euro 2020 (foto: https://unsplash.com/@danfreemanphoto)

Tertarik untuk traveling ketujuh kota tuan rumah Euro 2020?

Mungkin ada dari traveler yang juga sekaligus penggemar sepak bola singgah ke markas klub bola favorit saat liburan. Nah, pastinya tahu juga kalau sekarang Euro 2020 sedang berlangsung.

Gelaran Euro 2020 yang seharusnya diadakan Juni hingga Juli tahun lalu terpaksa ditunda karena pandemi Covid-19. Akhirnya, penggemar sepak bola di seluruh dunia bisa menyaksikan kembali turnamen yang digelar pada 11 Juni – 11 Juli 2021 ini.

Nah, tahukah traveler, kalau pertandingan selama Piala Eropa kali ini termasuk unik karena digelar di sebelas kota di Benua Biru? Euro 2020 seharusnya menjadi peringatan ke-60 tahun turnamen dengan nama resmi UEFA European Football Championship tersebut.

Dalam rangka menyambut peringatan ke-60 turnamen Piala Eropa pada 2020, UEFA mengumumkan kalau  turnamen Euro 2020ada dua belas kota yang akan menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia.

Namun, Dublin dan Bilbao UEFA dari daftar kota tuan rumah Euro 2020 dan UEFA memilih Sevilla sebagai kota pengganti Bilbao.

Nah, simak yuk informasi tujuh dari sebeleas kota yang jadi tuan rumah pertandingan Euro 2020 untuk referensi traveling kamu nanti setelah pandemi.

1. Baku, Azerbaijan

Kota Baku tampak dari udara (foto: https://unsplash.com/@lloydzed)

Salah satu kota tuan rumah Euro 2020 yang bisa jadi destinasi untuk traveling adalah Baku, ibu kota sekaligus kota terbesar di Azerbaijan. Kota ini berada di tepi Laut Kaspia dan berbatasan langsung dengan Georgia, Armenia, Turki, dan Iran.

Memiliki gedung-gedung dengan bangunan megah, Baku sering disamakan dengan Dubai dan ramai dikunjungi wisatawan. Saat traveling ke kota nan cantik dengan paduan tradisional dan modern yang kental, tentunya kamu tak boleh melewatkan berkunjung ke beberapa destinasi wisata yang ada.

Diantaranya Pusat Heydar Aliyev, kompleks modern seni dan museum. Selain itu, kamu bisa eksplor Kota Lama atau Kota Dalam yang jadi pusat sejarah Baku. Kota Lama adalah bagian paling kuno di Baku, yang dikelilingi oleh tembok yang melindunginya.

2. Bukares, Rumania

The Arch of Triumph di Kota Bukares (foto: triptobucharest)

Kalau traveler pernah mendengar tentang kota drakula yang jadi ikon Rumania, bisa memasukkan Bukares dalam bucket list. Kota dengan nuansa klasik ini merupakan kota tua yang sudah berdiri selama berabad-abad.

Ibu kota Rumania ini juga menjadi pusat budaya, finansial, dan industri serta punya segudang landmark dan kisah yang menarik. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di kota ini. Mulai dari mengagumi arsitektur bangunan-bangunan bergaya Art Nouveau hingga berjalan-jalan di Calea Victorie, jalan tercantik di kota ini.

Tak ketinggalan, tempat-tempat wisata popular di Bukares, diantaranya adalah The Arch of Triumph, Kota Tua, Revolution Square, dan Istana Parlemen. Kamu juga bisa berwisata sejarah dengan mengunjungi Stavropoleos Church yang dibangun pada 1724 serta Old Princely Court dan Old Princely Court Church.

Baca juga: 7 Negara Eropa Bersiap Menerima Turis Dengan Paspor Vaksin

3. Budapest, Hungaria

Aerial view Buda Castle saat malam hari (foto: budapest.org)

Budapest merupakan ibukota dan kota terbesar di Hungaria dengan luas wilayah 525 km². Kota ini juga menjadi salah satu kota tercantik di dunia dengan sejumlah situs warisan dunia UNESCO. Setiap tahunnya, ada puluhan juta pengunjung dari seluruh dunia untuk melihat kota metropolis yang tetap mempertahankan sejarah dan warisan budayanya.

Buda Castle wajib masuk dalam daftar kunjungan, nih traveler. Kompleks istana megah dan luas yang dibangun antara tahun 1247-1265 ini terletak di atas bukit dan merupakan salah satu situs warisan dunia.

Kamu juga bisa mengunjungi Fisherman’s Bastion, menara pengintai dengan tujuh menara yang menggambarkan tujuh suku Magyar, suku asli di Hongaria. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan Kota Bukares dari atas ketinggian.

4. Kopenhagen, Denmark

Stroget Street (sumber: https://www.youtube.com/channel/UCJe89f8SKxBYMzEsK7fYUTQ)

Kota yang menjadi tempat penyelenggaraan Euro 2020 berikutnya adalah Kopenhagen. Kota ini adalah kota terbesar di Denmark sekaligus ibukota negara. Kata Kopenghagen sendiri berasal dari kata Købmandshavn, yang berarti “pelabuhan saudagar”.

Meskipun kota ini tidak terlalu luas, namun ada banyak tempat wisata menarik di ibukota negara kelahiran pengarang buku legendaris Denmark, Hans Christian Andersen. Diantaranya adalah Nyhavn atau New Harbour dibangun sekitar 300 tahun yang lalu.

Selain itu, ada juga patung The Little Mermaid dari kisah dongeng legendaris yang ditulis Hans Christian Andersen. Tak ketinggalan tempat wisata lainnya seperti Amalienborg Palace, Stroget Street, pedestrian terpanjang di dunia, Copenhagen City Hall Square, dan Superkilen Park.

5. Glasgow, Skotlandia

St. Mongo’s Cathedrals di Glasgow

Glasgow merupakan kota terbesar di Skotlandia yang berada di tepi sungan Clyde di dataran rendah negara ini. Dikenal sebagai negeri keluarga kerajaan, kota ini menawarkan keindahan wisata alam yang menakjubkan, bahkan terkesan magis.

Glasgow menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan selain Kota Edinburgh. Kota ini juga dikenal sebagai kota industri dan galangan kapal. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Glasgow terpilih sebagai UNESCO City of Music pada 2008 lalu.

Saat berlibur ke Glasgow, pastinya traveler tak boleh melewatkan berkunjung ke beberapa tempat wisata di kota ini. Kamu bisa melihat kemegahan St. Mongo’s Cathedral dan Provend’s Lordship. Atau menikmati udara segar dan piknik di Botanical Garden.

6. St. Petersburg, Rusia

Winter Palace di musim dingin (foto: baltictour.com)

St. Petersburg adalah kota di Rusia yang mendapat The Venice of the North. Kota yang dihiasi dengan jembatan cantik ini memiliki setidaknya 250 museum. Meskipun berstatus kota federal, St. Petersburg merupakan pusat pemerintahan Oblast Leningrad.

Saat berkunjung ke kota ini, kamu akan dimanjakan dengan keindahan arsitektur menawan hingga lanskap yang indah. Kota ini juga merupakan kota bersejarah yang diakui sebagai situs warisan dunia UNESCO. Tak heran, St. Petersburg menjadi destinasi wisata favorit wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Beberapa destinasi wisata populer yang wajib dikunjungi diantaranya adalah Palace Square, Winter Palace, dan St. Petersburg Mosque. Kamu juga bisa menyaksikan kemegahan gereja yang memiliki struktur khas Barok dan Neoklasik di Church Of The Savior On Spilled Blood dan keindahan Peterhof Palace beserta tamannya yang sering disebut sebagai Versailles-nya Rusia.

7. Sevilla, Spanyol

Plaza de Espana, alun-alun di Seville (foto: sevillecityguide)

Sevilla adalah kota terbesar keempat di Spanyol dengan luas wilayah 140 km². Ibu kota Andalusia ini terletak di tepi Sungai Guadalquivir dan kaya akan arsitektur klasik. Kamu bisa menemukan bangunan dengan beragam nuansa arsitektur. Mulai dari bangunan bergaya renaissance, baroque, neo-klasik, hingga kontemporer.

Keindahan Sevilla tidak hanya menjadi daya tarik para wisatawan, namun tempat ini juga pernah menjadi tempat syuting serial film Games of Thrones. Ada banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi di kota multikultural dan kota yang menjadi saksi sejarah kebesaran Islam di Eropa.

Kamu bisa eksplor Plaza de Espana, alun-alun kota, sambil menikmati budaya lokal dengan berjalan kaki atau bersepeda. Jangan lewatkan untuk berkunjung ke La Catedral, katedral bergaya Gothic terbesar ketiga di dunia yang menjadi salah satu warisan dunia UNESCO.

7 kota di Eropa penyelenggara Euro 2020 bisa jadi pilihan destinasi wisata

Itu tadi tujuh kota tuan rumah Euro 2020 yang bisa masuk bucket list untuk traveling kamu berikutnya. Kamu akan dimanjakan dengan keindahan alam dan juga arsitektur megah nan menawan. Yuks, mulai menabung untuk menjelajah kota-kota Eropa! (ds3)