google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Turki Kalahkan Moldova di Laga Persahabatan

Turki vs Moldova
Turki sukses libas Moldova dalam laga persahabatan jelang gelaran Euro 2020.

cr photo: Sportskeeda

Raihan maksimal berhasil didapatkan oleh Tim Nasional Turki saat menghadapi Moldova dalam laga persahabatan jelang Euro 2020. Memainkan laga di Berteler Arena, Jerman, Turki yang unggul kualitas dari sang lawan lantas mengincar kemenangan. Di sepanjang pertandingan Turki pun bermain cukup baik dengan mengurung lawannya itu serta memaksanya hanya bisa bermain bertahan dan mengandalkan serangan balik. Meski sempat mendapat perlawanan alot, tapi Turki masih berhasil amankan kemenangan di pertandingan ini. Caglar Soyuncu dan kawan kawan berhasil memenangkan laga ini dengan skor akhir cukup meyakinkan, yaitu 2-0.

Dua gol penentu kemenangan pasukan Senol Gunes di laga ini masing masing dilesakkan oleh Burak Yilmaz dan Cengiz Under. Sepanjang pertandingan Turki memang bermain jauh lebih dominan ketimbang lawannya. Turki total mencatatkan 71 persen penguasaan bola berbanding 29 persen milik Moldova. Di sisi lain jumlah tembakan yang dilepas Turki juga jauh lebih banyak, yakni 11 tembakan dengan 3 di antaranya on target. Sedangkan Moldova hanya bisa menciptakan 7 tembakan dengan 4 di antaranya on target. Bermain dominan dan solid di sepanjang laga, Turki pun sukses memenangkan pertandingan ini.

Hasil kemenangan ini cukup menjadi nilai positif bagi Turki yang akan menjadi salah satu peserta Euro 2020, bulan Juni ini. Meski demikian, Turki juga mesti terus mengevaluasi skuadnya agar bisa tampil maksimal. Skuad asuhan Senol Gunes sendiri di ajang Euro nanti tergabung di grup yang terbilang sulit. Mereka masuk di Grup A bersama tuan rumah, Italia, kemudian dua Tim Kuda Hitam, Swiss dan Wales.

Rangkuman Pertandingan

Laga menarik menghadirkan Tim Nasional Turki menghadapi lawan mudah, yaitu Moldova dalam pertandingan persahabatan jelang gelaran Euro 2020. Menjalankan laga pemanasan sebelum Euro, Turki bermain maksimal demi bisa mencari tau kekuatan dan kelemahan skuadnya. Para pemain terbaiknya pun diturunkan oleh Senol Gunes di laga ini yang membuat sejak awal Turki sudah bermain sangat dominan.

Peluang terbaik Turki di babak pertama datang dari gelandang mereka, yaitu Ozan Tufan yang mendapat peluang di sekitar kotak penalti lawan. Tufan melepaskan sebuah tembakan cukup keras yang terarah, namun memang sangat disayangkan usahanya masih sedikit melebar ke samping gawang Moldova.

Moldova sendiri bukan tanpa peluang di laga ini, sepanjang babak pertama mereka kerap melancarkan serangan balik cukup berbahaya. Salah satu peluang terbaik mereka ada di pertengahan babak pertama. Dan Sapataru memberikan umpan yang disambar oleh Damascan, sayang striker Moldova itu masih gagal melesakkan gol ke gawang lawan. Tak ada gol di sepanjang babak pertama membuat babak ini selesai dengan skor imbang 0-0.

Babak Kedua

Saat pertandingan memasuki babak kedua, Senol Gunes merubah sedikit gaya permainan Turki dengan lebih melebar mengandalkan sayap gesit mereka. Hal ini terbilang sukses karena pada babak kedua serangan demi serangan yang dilancarkan Turki jauh lebih berbahaya.

Usaha keras Turki untuk membongkar pertahanan rapat Moldova akhirnya berbuah manis di menit ke-58. Unai Cakir memberikan umpan terukur yang jatuh tepat di kaki Burak Yilmaz. Striker yang baru saja meraih gelar Ligue 1 bersama Lille itu sukses melesakkan gol yang membuat Turki sementara memimpin dengan skor 1-0.

Terus bermain agresif, Turki akhirnya sukses mencetak gol keduanya pada menit ke-77. Kali ini Hakan Calhanoglu sukses memberikan umpan yang memudahkan Cengiz Under mencetak gol. Aksi winger Leicester City itu berhasil merubah keunggulan Turki menjadi 2-0. Tak ada gol lagi di sisa waktu babak kedua, sehingga laga ini pun selesai untuk kemenangan Turki dengan skor akhir 2-0.

Susunan Pemain Turki vs Moldova

Turki (4-1-4-1): Ugurcan Cakir, Mehmet Zeki Celik, Merih Demiral, Caglar Soyuncu, Umut Meras, Okay Yokuslu, Kanan Karaman, Ozan Tufan, Yusuf Yazici, Hakan Calhanoglu, Burak Yilmaz.

Moldova (4-5-1): Dumitru Celeadnic, Igor Arhirii, Maxim Potirniche, Veaceslav Posmac, Ion Jardan, Dan Sapataru, Sergiu Platica, Gheorghe Anton, Vadim Rata, Alexandru Antoniuc, Vitalie Damascan.