google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Upgrade Windows 11 Dengan Cara Ini dan Nikmati Fiturnya Secara Gratis

Upgrade windows 11
Source : http://www.pixabay.com

Setelah cukup lama dinantikan oleh para pengguna perangkat dengan sistem operasi Windows, akhirnya Microsoft telah secara resmi meluncurkan Windows 11 versi final yang ditujukan kepada seluruh pengguna umum. Pengguna yang perangkatnya telah mendukung bisa melakukan upgrade Windows 11 melalui perangkat mereka sendiri.

Tidak jauh berbeda dengan kesuksesan upgrade ke Windows 10 yang digaungkan beberapa tahun lalu, Microsoft pun ikut menyediakan upgrade Windows 11 kepada pengguna Windows 10 di seluruh dunia tanpa biaya tambahan alias secara gratis dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Nah, jika kamu ingin mengetahui apakah laptop maupun komputer yang kamu punya bisa diupgrade ke Windows 11 atau tidak, kamu bisa mengeceknya dengan menggunakan PC Health Check yang dapat diunduh secara langsung dari situs resmi Microsoft.

Meskipun sudah dirilis, Windows 11 masih digulirkan secara bertahap atau dengan kata lain tidak semua orang bisa langsung mendapatkan upgrade gratis di perangkatnya masing-masing melalui menu Windows Update.

Kamu pun harus secara rutin memantau menu Windows Update di Settings apakah upgrade Windows 11 sudah tersedia dan memastikan koneksi internet pun stabil sehingga file sistem Windows 11 dapat diunduh dengan lengkap.

Akan tetapi bagi kamu yang sudah tidak sabar lagi ingin mencicipi Windows 11 ke dalam layar komputer maupun laptop, kamu juga bisa menginstalnya secara manual tanpa perlu menunggu pemberitahuan resmi dari Microsoft tiba ke Windows Update di komputer kamu.

Sebagai permulaan, pastikan kamu sudah mengecek komputer kamu dengan aplikasi PC Health Check apakah telah memenuhi syarat untuk upgrade Windows 11. Apabila sudah memenuhi syarat, selanjutnya kamu bisa langsung meluncur ke halaman pengunduhan Windows 11 di tautan ini.

Pada tautan tersebut, akan tersedia tiga pilihan instalasi. Apabila kamu ingin melakukannya dengan cara yang mudah, kamu dapat memilih ‘Windows 11 Installation Assistant’ dan langsung klik Unduh Sekarang atau Download Now kemudian ikuti petunjuk yang muncul berikutnya.

Disamping itu, kamu pun bisa membuat USB atau DVD yang dapat di-boot dengan cara memilih ‘Create Windows 11 Installation Media’, atau dengan mengunduh Windows 11 versi disk image (ISO) untuk media yang dapat di-boot atau diinstal dengan menggunakan mesin virtual.

Windows 11 sendiri hadir dengan pembaruan yang lebih segar dan modern dari aspek tampilan antarmuka hingga fitur baru yang dibawanya mulai dari perubahan pada menu Start dan Taskbar, suara, font, hingga ikon.

Tak hanya itu, pembaruan Windows 11 juga tampak pada hadirnya Microsoft Teams yang saat ini dapat langsung terhubung melalui chat, panggilan suara, atau panggilan video dengan kontak pribadi terlepas dari perangkat atau platform yang mereka gunakan seperti Windows, Mac, Android, atau iOS.

Selain itu, kamu juga dapat mengakses lebih cepat ke informasi yang dibutuhkan melalui Widget dan feed terpersonalisasi yang sudah didukung oleh kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Lebih lanjut, Windows 11 juga akan memberikan Microsoft Store baru sehingga kamu akan lebih dekat ke aplikasi dan hiburan favorit dalam satu tempat.

Menariknya lagi, Windows versi 11 juga menampilkan jendela layar yang terbagi-bagi untuk membantu kamu dalam melakukan beragam tugas secara bersamaan melalui fitur Snap Layouts dan Snap Groups.

Tak ketinggalan terkait pengoptimalan game, Window 11 pun menawarkan Auto HDR untuk monitor yang sudah mendukungnya sehingga dapat bekerja secara otomatis dengan meningkatkan rentang dinamis tinggi yang akan memberikan warna dan kecerahan jauh lebih luas pada lebih dari 1.000 game DirectX 11 dan DirectX 12.

Ditambah dengan adanya perlindungan chip-to-cloud, komputer maupun laptop yang menggunakan Windows 11 juga bisa meningkatkan produktivitas terutama untuk kerja dan pembelajaran secara hibrida agar semakin aman terhadap serangan yang datang dari luar.

Nah, jadi apabila kamu tak sabar ingin menjajal apa saja hal baru yang menarik dari pembaruan sistem operasi Windows ini, segera periksa apakah perangkat kamu sudah mendukung untuk menerima versi Windows 11 ini, ya. Pastikan juga memori penyimpanan internal di perangkat kamu masih cukup lapang agar setelah melakukan pembaruan masih dapat digunakan dengan lancar.