google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Wajib Diketahui, Paparan Sinar UV Berlebihan Membahayakan Kesehatan Anda

Bahaya Sinar UV Bagi Kesehatan

Untuk kadar yang sesuai, sinar UV yang dibutuhkan oleh tubuh bisa memberikan beragam manfaat bagi kesehatan manusia. Namun, bila terkena paparan sinar UV berlebihan justru dapat membahayakan diri serta muncul beberapa gangguan kesehatan lainnya.

Sumber utama dari sinar UV adalah matahari. Umumnya, sinar UV memang dibutuhkan oleh tubuh supaya bisa memproduksi vitamin D. Vitamin D memiliki peranan penting guna meningkatkan kekuatan gigi dan tulang, dan membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh.

Meskipun demikian, sinar UV ini hanya akan bermanfaat bagi tubuh ketika mendapatkan dalam jumlah yang cukup. Namun, bila berlebihan, sinar UV justru bakal merusakan jaringan dalam tubuh, bahkan pun meningkatkan risiko munculnya jenis penyakit tertentu.

Beberapa Bahaya Paparan Sinar UV Berlebihan Bagi Kesehatan

Sinar UV ini umumnya terbagi jadi beberapa jenis, tetapi yang lebih dikenal ialah UVA dan UVB. Paparan dari sinar UVB hanya bisa mencapai lapisan kulit terluar saja atau epidermis. Sedangkan untuk sinar UVA ini mampu mencapai hingga lapisan tengah kulit atau dermis.

Di bawah ini ada beberapa masalah kesehatan serius yang bisa muncul akibat dari paparan sinar UV secara berlebihan :

  • Kulit terbakar (Sunburn)

Salah satu dari dampak kesehatan yang cukup sering dirasakan ketika terkena paparan sinar UV secara berlebihan adalah kulit terbakar atau sunburn. Kondisi tersebut bisa membuat kulit menjadi tampak kemerah – merahan, dan juga muncul rasa nyeri dan hangat pada saat disentuh.

Gejala dari sunburn ini umumnya akan muncul dalam beberapa jam kedepan sesudah kulit terpapar sinar UV secara berlebihan, namun bisa pula 1 hingga 2 hari setelahnya.

Untuk kasus yang begitu parah, sunburn ini bahkan bisa menimbulkan kulit menjadi melepuh, pembengkakan kulit, serta tubuh terasa lemas karena dehidrasi. Bila Anda mengalami hal tersebut, segera ke dokter agar mendapatkan pengobatan.

  • Kerusakana organ mata

Ketika berada di bawah terik sinar matahari, bukan hanya kulit yang mesti dilindungi dari paparan sinar UV, namun organ mata pun wajib mendapatkan perlindungan maksimal. Hal tersebut karena mata menjadi salah satu organ terpenting dan cukup rentang mengalami kerusakan bila terlalu sering terpapar sinar UV berlebihan.

Paparan sinar UV secara berlebihan in bisa pula menimbulkan kerusakan pada mata yang mana menyebabkan penurunan kemampuan melihat warna, penglihatan menjadi kabur, atau bahkan bisa pula mengalami kebutaan permanen.

  • Kanker kulit

Paparan sinar UV yang berlebihan merupakan salah satu dari penyebab paling sering terjadi dari kanker kulit, terutama untuk jenis kanker karsinomal sel skuamosa dan juga kanker karsinoma sel basal. Kadang, sel kanker ini terbentuk di area tubuh yang sering mendapatkan paparan sinar matahari berlebihan, seperti wajah, tangan dan leher.

Bila tidak segera mendapatkan penanganan, kanker pun dapat menyebar ke bagian kulit yang lain atau bahkan ke organ dalam tubuh. Kendati pun jarang sekali terjadi, kondisi ini tergolong masalah serius dan bisa mengancam nyawa.

Wajib Lindungi 5 Bagian Tubuh dari Paparan Sinar UV Berlebihan

Mengingat bahwasinar UVA dan UVB bisa menembus permukaan kulit luar, Anda pun mesti waspada dan berhati – hati mengenai bahaya sinar UV pada kesehatan tubuh. Maka dari itulah, Anda wajib melindungi beberapa bagian penting tubuh dari paparan sinar UV yang berlebihan, seperti :

  1. Organ mata

Refleks alami dari kelopak mata yang berkedip merupakan langkah tubuh guna melindungi mata dari berbagai macam penyebab gangguan, termasuk pula paparan sinar UV yang terlalu silau dan terik.

Paparan dari sinar UV pada mata ini bisa menyebabkan mata menjadi terasa perih, berair, berpasir dan mengganggu penglihatan Anda.

Untuk jangka panjang, paparan sinar matahari yang berlebihan pada mata tersebut dapat menyebabkan mata terkena berbagai macam penyakit berbahaya, mulai dari peradagan pada konjugtiva atau pun lapisan dalam kelopak mata, katarak, pterigium, peradangan pada kornea mata, dan kanker mata.

Langkah tepat untuk melindungi mata dari paparan sinar UV berlebihan ini bisa dengan memakai sunblock dengan SPF minimal 30 yang khusus digunakan pada mata, dan juga gunakan kacamata hitam serta topi lebar.

2. Wajah

Kulit wajah yang tidak mendapatkan perlindungan maksimal dari paparan sinar UV berlebihan dapat menyebabkan rusaknya serta elastin pada kulit. Hal tersebut dapat berakibat kulit wajah memunculkan tanda – tanda penuaan dini, seperti kulit kering, kasar, munculnya kerutan di wajah serta bintik – bintik hitam.

Selain munculnya tanda – tanda penuaan dini, ada beberapa masalah atau pun kondisi kulit yang dapat disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet berlebihan, di antaranya adalah :

  • Kulit terbakar atau suburn, seperti melepuh, mengelupas dan kemarah – merahan
  • Flek dan noda hitam atau coklat di area kulit
  • Telangiektasis, yaitu pelebaran pembuluh darah kecil yang ada di bawah kulit
  • Kanker kulit dan juga lesi prankanker

3. Telinga

Telinga menjadi salah satu bagian tubuh yang jarang sekali terlindungi dari paparan sinar matahari. Padalnya, sama seperti kulit wajah, paparan sinar UV yang berlebihan pun dapat menyebabkan kulit telinga terkena penyakit berbahaya, seperti keratosis aktinik, sunburn hingga kanker.

Supaya telinga terhindar dari paparan sinar ultraviolet, Anda dapat mengoleskan tabir surya atau sunblock di liang daun telingan dan juga bagian kulit di sekitar telinga, serta tidak lupa guanakan topi untuk melindungi telinga dari paparan sinar matahari langsung.

4. Leher

Bagian tubuh yang tidak kalah pentingnya untuk dilindungi dari sinar UV adalah leher. Hal tersebut dikarenakan kulit di bagian leher ini kerang kali menjadi tempat terkena sinar ultraviolet dan begitu rentan mengalami kerusakan akibat dari paparan sinar matahari berlebihan.

Untuk bisa melindungi kulit leher dari paparan sinar UV, maka rutin oleskan tabir surya dengan SPF minimal 30 ke seluruh bagian kulit leher. Selain itu juga, Anda dapat memakai topi lebar atau pun pakaian yang bisa menutupi bagian leher.

5. Punggung

Punggung menjadi slaah satu bagian yang mungkin terlewatkan untuk dilindungi dari paparan sinar UV. Padahal, bagian tubuh satu ini kerap menimbulkan risiko serius, seperti halnya kanker kulit melanoma.

Kondisi ini pun bisa ditandai dengan munculnya bercak atau benjolan berwarna kemerahan atau pun kehitaman dan lebih cepat meluas dan juga membesar.

Itulah sebabnya cukup penting sekali mengoleskan sunblock ke seluruh permukaan kulit, termasuk juga punggung, terlebih bila sedang menjalani aktivitas di luar rumah, seperti berjemur di pantai.

Selain beberapa dari bagian penting tubuh di atas, tidak lupa juga untuk berikan perlindungan di bagian lainnya seperti bagian atas dada, bibir, kaki dan juga tangan.

Cara Melindungi Kulit Dari Efek Buruk Sinar UV Berlebihan

Ada beberapa cara pencegahan yang bisa Anda lakukan saat terpapar sinar ultraviolet secara berlebihan, di antaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Gunakan krim tabir surya secara rutin

Supaya kulit menjadi lebih terlindungi dari paparan sinar UV berlebihan, selalu gunakan tabir surya dengan SPF 30 setidaknya 15 menit sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan di siang hari. Selain itu, oleskan lagi tabir surya ini setelah 1 jam pemakaian awalnya.

Agar lebih aman lagi, gunakan tabir surya bisa digunakan selama Anda berada di dalam ruangan. Anda pun dapat mengoleskan krim tersebut ke bagian tubuh, mulai dari wajah, leher, bibir, punggung dan juga telinga.

  • Gunakan pakaian tertutup

Selain dengan memakai tabir surya, Anda pun juga bisa memakai pakaian tertutup agar bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Pakai baju lengan panjang, topi yang lebar serta celana panjang.

  • Hindari paparan sinar matahari di jam tertentu

Alangkah baiknya, hindari terlalu lama berada di luar ruangan terlebih lagi saat jam 10 pagi sampai jam 2 siang, dikarenakan radiasi sinar ultraviolet pada jam tersebut sangatlah tinggi sekali.

  • Gunakan kacamata hitam

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sinar matahari ini bukan hanya bisa membahayakan kulit saja, tetapi organ mata. Maka dari itulah, Anda bisa gunakan kacamata hitam atau pun kacamata anti radiasi yang mampu memberikan perlindungan maksimal pada sinar ultraviolet ketika sedang berkegiatan di lua ruangan.

Meskipun sinar UV ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan manusia, bukan artinya Anda hindari sepenuhnya. Sinar ultraviolet pun rupanya mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, namun paparan sinar yang tidak terlalu lama dan juga jam aman, seperti di jam 7 sampai 9 pagi.

Sinar matahari sebenarnya tidak harus dihindari sepenuhnya lho. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sinar matahari ini sangat berguna bagi kesehatan untuk merangsang pembentukan vitamin D alamiah dalam tubuh manusia.

Agar bisa memeroleh manfaat tersebut, Anda dapat berjemua di bawah jam 10 pagi dengan durasi 10 sampai 15 menit saja, lakukan seminggu 3 kali.

Selain dengan sinar matahari pagi, suapan kebutuhan vitamin D pun bisa berasal dari makanan, seperti daging, telur, salmon, sarden dan yang lainnya.

Jika Anda ingin melakukan aktivitas di bawah sinar matahari langsung dan mengalami berbagai masalah kesehatan kulit atau pun yang lainnya akibat dari paparan sinar ultraviolet berlebihan, segera periksakan diri ke dokter.

Itulah beberapa dari bagian tubuh yang mesti selalu dijaga dan terlindungi dari paparan sinar UV. Bila Anda ingin habiskan waktu di bawah terik sinar matahari serta ada keluahan kesehatan yang selama ini dirasakan, jangan pernah ragu untuk konsultasi dan periksakan diri ke dokter sedini mungkin.