google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Wajib Tahu! Inilah Fakta Terbaru Seputar Vaksin Booster Covid-19

Sesudah memeroleh vaksinasi dosis pertama dan juga kedua, sekarang pemerintah sedang menyiapkan untuk vaksin booster Covid-19 untuk masyarakat umum. Mulai dari waktu pemberian vaksin, jenis dan kriteria vaksin yang digunakan, serta rencana vaksin booster berbayar yang masih dalam kajian pemerintah.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia sudah menjalani program vaksinasi booster Covid-19 atau pun vaksis dosis ketiga untuk tenaga kesehatan. Sekarang, pemerintah pun ingin memperluas lagi jangkauan dari vaksin booster Covid-19 kepada seluruh masyarakat Indonesia di luar tenaga kesehatan.

Lantas, kapan vaksin booster Covid-19 ini dapat diterima oleh kalangan masyarakat luas? Berikut ini kami sudah menyediakan berbagai ulasan tentang fakta terbaru dari vaksin booster Covid-19.

Fakta Tentang Vaksin Booster Covid-19

Vaksin booster Covid-19 ini merupakan dosis tambahan vaksin yang akan diberikan guna memaksimalkan manfaat dari vaksin yang sudah di dapatkan sebelumya. Kadang, vaksin booster ini akan diberikan sesudah kekebalan dari vaksin dosis sebelumnya mulai berkurang secara alamiah.

Dengan Anda menerima vaksin booster Covid-19 inilah, kekebalan tubuh akan meningkat lebih optimal lagi. Berikut ini ada beberapa fakta terbaru dari vaksin booster Covid-19 di Indonesia, antara lain :

1. Rencana Untuk Pelaksanaan Vaksinasi Booster Covid-19

Melansir dari Kompas.com, Juru Bicara Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, menjelaskan bahwa pemerintah akan segera melakukan perluasan proses vaksin booster Covid-19 atau pun vaksin dosis ketiga kepada masyarakat luas di luar dari tenaga kesehatan.

Akan tetapi, waktu untuk pemberian dari vaksin booster Covid-19 bagi masyarakat umum ini hingga sekarang masih terus dikaji lebih lanjut lagi.

Hal tersebut juga sudah dijelaskan oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes RI, Siti Nadia Tarmizi, bahwa kebijakan tentang vaksin booster atau dosis ketiga bagi masyarakat umum direncanakan paling cepat dilakukan pada awal tahun 2022 mendatang.

2. Vaksin Booster Covid-19 Untuk Kelompok Lansia dan Peserta JKN-KIS

Vaksin booster Covid-19 atau dosis ketiga ini akan direncakanan dapat dimulai pada awal tahun 202 mendatang. Para penerima vaksinasi booster Covid-19 yang termasuk golongan lansia dan juga peserta JKN – KIS (Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat) golongan penerima bantuan iuran (PBI) akan segera disediakan langsung oleh pemerintah Indonesia.

3. Rencana Vaksinasi Booster Covid-19 Berbayar

Sedangkan untuk kalangan masyarakat umum, vaksinasi booster dosis ketiga Covid-19 ini direncanakan akan berbahaya. Dokter Edwin Setiawan selaku Kepala Bagian Operasional Pelayanan dari PT Bio Farma, menjelaskan bahwa pihaknya pun masih belum dapat memastikan kisaran harga untuk vaksin booster Covid-19 ini.

Sebagai referensinya, dokter Edwin pun menjelaskan harga vaksin dosis ketiga ini tidak jauh berbeda dengan harga dari vaksin gotong royong yang dibanderol sekitar 188 ribu rupiah.

Akan tetapi, untuk memastikannya, pihak PT Bio Farma pun masih tetap terus mengkaji lebih lanjut lagi serta menunggu regulasi resmi pemerintah terkait dengan biaya untuk vaksinasi booster Covid-19.

4. Jenis dan Kriteria Vaksin Dosis Ketiga Covid-19

Sri Rezeki Hadinegoro selaku Ketua Indonesian Technical Advisory Group on Immunization atau ITAGI, vaksin booster ini dapat dilakukan dengan vaksin yang serupa (homologous) dan juga untuk vaksin yang berbeda (heterologous).

Ada sekitar tiga kriteria yang sudah ditentukan oleh ITAGI untuk vaksinasi booster Covid-19. Yang pertama ialah vaksin virus corona ini bisa memblokir protein spike yang ada pada SARS – CoV – 2 yang dapat masuk melalui saluran pernapasan.

Kedua adalah vaksin tersebut sudah mempunyai tingkat efikasi yang cukup tinggi. Terakhir, efikasi dari vaksin terhadap varian baru virus corona.

5. Efek Samping Dari Vaksin Tambahan Booster Covid-19

Vaksin tambahan atau boostr Covid-19 ini bisa menyebabkan efek samping tergolong ringan yang hampir sama dengan jenis vaksin pertama maupun kedua. Beberapa dari kondisi ini meliputi, nyeri dan bengkak tepat di bekas lokasi suntikan, demam ringan, sakit kepala sampai rasa kelelahan.

Namun tidak perlu terlalu khawatir, kondisi di atas ternyata menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh manusia sedang merespon dan juga membangun perlindungan tubuh dari virus corona. Kadang, gejala akan mereda dan hilang dengan sendirinya selama 1 hingga 2 hari saja.

Itulah beberapa fakta terbaru seputar vaksin booster Covid-19 yang wajib diketahui oleh seluruh masyarakat selama masa pandemi virus corona.