google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Wisata Kota Tua Dibuka Kembali, Berikut Syarat Masuknya

Museum Fatahillah yang ada di Kawasan Wisata Kota Tua (foto: www.sobatpetualang.com)

Status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM di Jakarta turun menjadi Level 1. Perpanjangan PPKM berlaku sejak 2-15 November 2021. Dengan turunnya PPKM di Jakarta ke Level 1, sejumlah tempat wisata telah dibuka, salah satunya adalah Kawasan Wisata Kota Tua.

Setalah hampir 1,5 tahun ditutup akibat pandemi Covid-19, kini Kawasan Wisata Kota Tua telah dibuka kembali. Sejak akhir Oktober 2021, Kota Tua telah dibuka meskipun kunjungan dibatasi dengan maksimal kapasitas 25 persen.

Keputusan dibukanya Kawasan Wisata Kota Tua karena tempat tersebut telah menerapkan protokol kesehatan CHSE. Hal ini sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

CHSE adalah singkatan dari Cleanliness, Health, Safety, dan Environmental Sustainability, program penerapan kesehatan dari Kemenparekraf. Saat ini dibuka dua pintu masuk untuk penerapan sistem check-in bagi pengunjung yang berkunjung ke Kota Tua.

Pintu masuk pertama di Jalan Pintu Besar Utara, dan jalan dekat Taman Kota Intan. Sementara itu, pintu masuk via BNI atau Jalan Lada masih ditutup untuk mencegah kerumunan. Pintu masuk ini belum dibuka karena merupakan yang paling ramai dilewati. Sedangkan untuk pintu keluarnya melalui Lorong Batavia.

Baca juga: Weekend, Refreshing Saja di Tempat Wisata Alam Jakarta!

Syarat berkunjung

Nah, buat kamu yang ingin berwisata ke Kota Tua, perhatikan syarat masuknya, yah! Berikut syarat untuk berkunjung ke Kawasan Wisata Kota Tua.

  • Pengunjung yang datang harus menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 minimal dosis pertama (baik melalui aplikasi PeduliLindungi atau dalam bentuk cetak)
  • Wajib mengunduh aplikasi PeduliLindungi
  • Check-in di pintu masuk yang telah ditetapkan menggunakan aplikasi PeduliLindungi
  • Mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, tidak berkerumun, serta rajin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer
  • Anak-anak usia di bawah 12 tahun boleh berkunjung di bawah pengawasan orang tua

Spot menarik di Kawasan Wisata Kota Tua

Jika kamu ingin menghabiskan liburan akhir pekan tanpa harus keluar kota, ada beberapa spot di Kawasan Wisata Kota Tua yang menarik untuk dikunjungi. Berikut beberapa di antaranya.

Baca juga: Liburan Sekaligus Menambah Wawasan di Jakarta? Ini Dia Tempatnya!

Stasiun Kereta Api Jakarta Kota

Buat pecinta fotografi maupun pecinta kereta api, berkunjung ke Stasiun KA Jakarta Kota bisa jadi alternatif liburan asik. Stasiun ini merupakan stasiun tertua di Jakarta dan sudah dibangun sejak tahun 1870 dengan arsitekturnya yang khas. Tempat ini juga menjadi salah satu cagar budaya di Jakarta.

Pelabuhan Sunda Kelapa

Kamu juga bisa eksplor Pelabuhan Sunda Kelapa, salah satu pelabuhan tertua di Nusantara. Pada zamannya, pelabuhan ini memegang peranan penting yang menunjukkan kejayaan maritim Nusantara. Di sini kamu bisa melihat megahnya kapal phinisi yang berlabuh di Pelabuhan Sunda Kelapa.

Taman Fatahillah

Kalau ingin mencoba sensasi mengendari sepeda ontel, kamu bisa datang ke Taman Fatahillah. Berada tepat di depan Museum Fatahillah, cobalah merasakan pengalaman mengelilingi Kota Tua dengan sepeda ontel yang khas. Pastinya, jangan lewatkan untuk foto-foto bersama teman atau kerabat, yah!

Baca juga: Rekomendasi Destinasi Negara Terbaik untuk Dikunjungi di 2022 versi Lonely Planet

Cafe Batavia

Nah, kalau sudah lelah dan merasa haus atau lapar, kamu bisa beristirahat di Cafe Batavia. Cafe yang satu ini terlihat vintage dengan arsitektur kolonial dan sering dijadikan tempat photoshoot. Harga makanan di sini juga cukup terjangkau. Jadi, sambil beristirahat menikmati makanan dan minuman, jangan lupa foto-foto untuk feed Instagram kamu!

Buat traveler yang ingin menghabiskan akhir pekan tanpa harus keluar kota, Kawasan Wisata Kota Tua bisa jadi alternatif destinasi liburan di Jakarta. Kamu bisa berwisata, mencicipi kuliner, hingga berburu foto keren! Jadi, tak perlu jauh-jauh liburan karena Jakarta juga punya banyak tempat menarik untuk dikunjungi!