Wow Ada Vaksin Covid-19 Dosis ke-4, Perlukah?

Wow Ada Vaksin Covid-19 Dosis ke-4, Perlukah?

Banyak orang yang mulai bertanya, apakah vaksin Covid-19 dosis keempat memang benar – benar dibutuhkan setelah memperoleh tiga dosis vaksin tersebut? Untuk bisa mengetahui fakta dan juga penjelasannya, Anda bisa ikuti ulasan kami langsung di bawah ini.

Dosis tambahan atau booster vaksin Covid-18 merupakan bentuk dan upaya meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada paparan virus corona. Tujuannya pun ialah merangsang sistem imunitas tubuh dan juga mengembalikan efektivitas vaksin yang sebelumnya sudah menurun seiring berjalannya waktu.

Khusus di Indonesia, pemberian vaksin booster dosis ketiga Covid-19 sudah mulai dilaksanakan bagi masyarakat yang telah berumur di atas 18 tahun dan juga sudah memperoleh vaksinasi Covid-19 dosis kedua minimal 3 bulan sebelumnya.

Sementara itu juga, pemberian vaksin Covid-19 dosis keempat juga sudah dijalankan di sejumlah negera, seperti halnya Israel. Pada dosis vaksin keempat ini, pemberian vaksin fokus pada kelompok yang jauh lebih rentan, seperti kelompok lansia, mereka yang memiliki sistem imunitas lemah, serta para petugas kesehatan.

Cek Fakta Seputar Vaksin Booster ke-4 Covid-19

Studi mengenai pemberian vaksin Covid-19 dosis booster keempat di Israel menunjukkan bahwa seseorang yang memperoleh keempat dosis vaksin virus corona berisiko lebih rendah untuk terpapar dan juga mengalami gejala berat daripada orang yang tidak mendapatkan vaksin Covid-19 dosis keempat.

Akan tetapi, penelitian tersebut tidak bisa menjelaskan adanya kesamaan dari faktor risiko antara kelompok orang yang sudah menerima dan tidak mendapatkan vaksin Covid-19 dosis keempat. Padahal, faktor risiko tertentu yang dimaksudkan, seperti halnya penyakit penyerta atau komorbid, dapat saja menjadi gejala berat Covid-19.

Sementara itu, sebuah penelitan terbaru pun memaparkan bahwa vaksin virus corona dosis keempat dari jenis Pfizer yang diberikan 4 bulan setelah dosis ketiga ternyata lebih efektif dalam beberapa hal, antara lain :

  • Mampu mengurangi infeksi dari virus corona
  • Menurunkan angka kematian akibat infeksi virus corona
  • Mengurangi jumlah perawatan ICU di rumah sakit
  • Mengurangi terjadinya gejala berat bila terpapar virus corona

Namun sayangnya, di dalam penelitian tersebut tidak juga menjelaskan adanya kemungkinan faktor dari luar infeksi virus corona yang dapat saja menjadi penyebab kematian untuk kelompok orang berada di dalam penelitian yang tidak mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis keempat.

Selain itu pun, studi tersebut dianggap terlalu cepat mengambil kesimpulan bahwa vaksin virus corona dosis keempat bisa langsung menurunkan kasus infeksi sesudah divaksin beberapa hari. Pada kenyataannya, tubuh manusia sebenarnya memerlukan waktu yang lebih lama dalam meningkatkan sistem kekebalan dan melindungi tubuh dari infeksi virus corona.

Food & Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, sudah memberikan persetujuan vaksin virus corona dosis keempat untuk jenis Pfizer dan Moderna sebagai pemberian darurat kepada kelompok orang yang telah berumur di atas 50 tahun.

Meskipun demikian, masih belum banyak studi penelitian dengan bukti yang kuat untuk mendukung pemberian vaksin Covid-19 dosis keempat kepada orang yang sehat di kelompok usia tertentu, semisalnya kalangan remaja, orang dewasa, bahkan kelompok lansia.

Apakah Vaksin Covid-19 Dosis Keempat Memang Dibutuhkan?

Sampai sekarang ini, bukti yang kuat tentang perlu ataukah tidaknya pemberian vaksinasi dosis keempat belum cukup banyak. Penelitian yang lebih luas dan mendalam sekali pun masih terus dilakukan guna memastikan keamanan dari dosis tambahan tersebut.

Di sisi lainnya, masih perlu juga data yang mendukung untuk bisa memastikan manfaat dari dosis keempat, semisalnya mampu untuk mengurangi risiko gejala berat atau pun kematian yang diakibatkan oleh infeksi virus corona.

Studi penelitian lebih lanjut masih sangat diperlukan guna menentukan apakah dosis keempat tersebut perlu diberikan kepada semua kalangan masyarakat ataukah hanya pada kelompok tertentu yang lebih rentan saja.

Sembari menunggu rekomendasi tentang vaksin dosis keempat, alangkah baiknya Anda bisa penuhi anjuran yang berhubungan dengan vaksinasi Covid-19 yang sudah ada. Jika Anda telah memperoleh dosis booster Covid-19, tidak lupa juga selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan supaya bisa meminimalkan risiko penularan virus corona Covid-19.