Xavi Hernandez Beri Pesan untuk Hansi Flick Sebagai Pelatih Baru Barcelona

Resmi meninggalkan Barcelona, Xavi Hernandez belum lama ini menyampaikan pesan untuk pelatih baru Barca yang akan segera bertugas, yaitu Hansi Flick. Drama mengenai kursi kepelatihan Barcelon akhirnya menemui ujungnya, dengan mereka memutuskan menunjuk Hansi Flick sebagai manajer baru untuk musim depan. Flick menggantikan Xavi Hernandez yang akhirnya benar-benar dipecat oleh manajemen Los Cules. Akan tetapi nampaknya Xavi tak berpisah secara baik-baik dengan Barca sebagai pelatih. Baru-baru ini ia pun menyampaikan sebuah pesan yang cukup bernada peringatan kepada Hansi Flick yang akan segera menjadi seorang pelatih baru Barcelona musim depan.

Sosok Xavi Hernandez menjalani musim keduanya bersama Barcelona dengan tidak menyenangkan. Start buruk membuat di pertengahan musim akhirnya Xavi memutuskan untuk mundur di akhir musim nanti. Sama seperti Jurgen Klopp di Liverpool, ia mengatakan akan berpisah dengan Barca di akhir musim nanti setelah pekerjannya di Barca sudah benar-benar selesai. Akan tetapi sesudah pengumuman tersebut performa Barca sangat menanjak. Manajemen Barca pun lantas membujuknya sehingga Xavi pun berubah pikiran untuk tetap bertahan di Barcelona musim depan.

Tetapi plot twist terjadi di penghujung musim kompetisi 2023-2024 ini. Manajemen Barcelona memutuskan untuk memecat Xavi meskipun sekitar dua bulan sebelumnya mereka memutuskan untuk mempertahankannya bahkan mereka juga rela sampai membujuk sang pelatih. Dikabarkan manajemen Barca memutuskan untuk memecat Xavi lantaran ucapannya dalam sebuah konfrensi pers atau interview dengan media. Kala itu Xavi memberi pernyataan bahwa ia kecewa dengan situasi keuangan Barca. Hal ini disebut memantik emosi Joan Laporta selaku Presiden Barca, sehingga ia akhirnya memutuskan memecat sang manajer.

Sampaikan Pesan Pada Pelatih Baru

Xavi Hernandez sudah menyelesaikan semua pertandingannya bersama Barcelona musim ini di ajang La Liga. Ia juga posisinya sudah tahu bahwa manajemen akan segera mengumumkan pelatih baru. Pada satu kesempatan Xavi pun menyampaikan sebuah pesan penting untuk sosok pelatih baru Barcelona yang akan segera menukangi tim musim depan, di mana pelatih tersebut adalah Hansi Flick, pelatih asal Jerman.

Pada pesan singkat yang ia sampaikan, Xavi seolah memperingatkan Flick bahwa melatih tim seperti Barcelona ini bukan hal mudah, akan ada banyak sekali ujian yag didapat oleh Flick selama menjabat sebagai pelatih. Bahkan Xavi menilai tekanan melatih tim tersebut begitu besar dan akan membuat siapapun menderita. Terlebih manajemen juga akan minim memberikan apresiasi, sehingga Xavi menyarankan agar Flick siap terus makan hati selama di Barcelona.

Saat ini proses penunjukkan Hansi Flick sebagai pelatih Barcelona sendiri sudah semakin dekat. Sang pelatih sudah mengonfirmasi bahwa ia bersedia menukangi Barcelona musim depan. Kesepakatan sudah tercapai dan proses administrasi pun sudah hampir tercapai. Kini disebutkan bahwa manajemen Barcelona tinggal menunggu waktu untuk meresmikan Flick sebagai pelatih baru mereka.

Akan Menderita

“Untuk siapapun pelatih baru tim ini, saya hanya mau mengatakan bahwa kamu akan begitu menderita menjadi pelatih di sini. Ini merupakan sebuah tim yang sangat rumit untuk bisa ditangani dan pekerjaan yang kamu lalui akan menjadi sesuatu yang begitu sulit.” ujar Xavi dilansir dari laman SPORT.

“Dia juga mesti sangat sabar, karena memang pekerjaannya sebagai seorang pelatih akan minim apresiasi di tim ini. Saya pernah mampu membawa tim ini dari posisi 9 klasemen dan bisa naik ke posisi 2 klasemen, sebelum akhirnya kami bisa menjadi juara liga. Tetapi sewaktu itu pekerjaan saya juga sama sekali tak diberikan apresiasi apapun.” ungkapnya.