Xavi Hernandez Nilai Mestinya Barcelona Puncaki Klasemen

Xavi Hernandez
Xavi Hernandez meyakini harusnya Barcelona puncaki klasemen La Liga saat ini.

cr photo: Barca Blaugranes.

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez menilai seharusnya Barcelona saat ini bisa memuncaki klasemen menungguli Real Madrid dan Girona, tetapi itu tak terjadi karena beberapa faktor. Barcelona sendiri dalam pertandingan terakhir berhasil meraih hasil yang begitu baik, yaitu kemenangan melawan Celta Vigo di lanjutan pekan ke-25 ajang Liga Spanyol. Menurut Xavi, skuad asuhannya sudah menunjukkan performa yang bagus, namun beberapa kali mereka tak bisa memanfaatkan peluang peluang yang didapat. Bahkan menurut Xavi jika bisa mengatasi masalah tersebut, Barca seharusnya kini menduduki puncak klasemen.

Pasukan Barcelona menyambangi markas Celta Vigo di lanjutan laga pekan ke-25 ajang Liga Spanyol musim 2023-2024. Jarak jauh yang menghalangi mereka dengan Real Madrid di puncak klasemen membuat Barcelona memang harus meraih kemenangan apapun kondisinya saat ini untuk memelihara kans menjuarai Liga Spanyol. Di pertandingan ini, Barca sebagai tim tamu sangat dibuat kerepotan oleh pasukan tim tamu, meskipun Barca sendiri bisa memimpin lebih dulu melalui gol seorang Robert Lewandowski di ujung babak pertama.

Celta lantas membalasnya saat babak kedua baru berjalan dua menit melalui aksi sang kapten, Iago Aspas. Bahkan sebagai tuan rumah, Celta terus menekan Barca di sepanjang babak kedua. Sebelum akhirnya Barca bisa membawa kemenangan usai Robert Lewandowski melesakkan gol lewat eksekusi penalti di ujung pertandingan. Barcelona lantas memangkan duel dengan skor akhir 1-2. Mereka naik ke posisi 3 klasemen dan memangkas jarak dengan Real Madrdid di puncak klasemen La Liga kali ini dengan selisih sembilan poin saja.

Harusnya Puncaki Klasemen

Seusai laga melawan Celta Vigo, Xavi Hernandez selaku pelatih Barcelona memberikan komentarnya terkait performa Barcelona. Ia menilai bahwa penampilan timnya sudah sangat baik, hanya saja penyelesaian akhir para pemain depan mereka masih sangat lemah. Bahkan menurut Xavi, Barcelona mestinya bisa memuncaki klasemen seandainya mereka bisa jauh lebih klinis dalam melakukan penyelesaian di depan gawang lawan.

Kendati demikian, Xavi tetap memberikan apresiasi kepada semua skuadnya di pertandingan kali ini yang sukses memberikan kemenangan untuk tim Barcelona. Pelatih berkebangsaan Spanyol tersebut merasa ini hasil yang sangat penting untuk bisa memberikan kepercayaan diri dan juga suntikan moril sebelum pertandingan berat melawan Napoli di ajang Liga Champions musim 2023-2024.

Pernyataan Xavi

“Seandainya saja kami punya penyelesaian akhir yang lebih baik, sebenarnya kamilah yang akan memuncaki klasemen saat ini. Belakangan ini saya sendiri sudah melihat sendiri seperti apap statistiknya.” ungkap Xavi seperti apa yang dikutip dari laman Barca Blaugranes.

“Raihan kemenangan ini kami dapatkan melalui cara yang sangat sulit. Kami cukup menderita, tetapi kami memberikan respon yang baik usai melibatkan semua pemain dan kerjasama tim. Kami sangat baik di babak yang pertama, tetapi kami menurun di babak yang kedua. Bagaimanapun kemenangan ini tetao bagus bagi moral para pemain.” tambah eks gelandang Barcelona tersebut.

“Sebenarnya kami sudah lebih banyak memperlihatkan hal baik daripada sisi yang buruk. Dominasi kami di babak pertma sukses menhan transisi cepat mereka. Tetapi harus diakui di babak kedu kami kerepotan.” tutupnya.

Setelah ini Barcelona sudah ditunggu oleh Napoli di leg pertama babak 16 besar ajang Liga Champions musim 2023-2024. Meskipun musim ini menurun secara permainan, tetapi Napoli tetaplah tim yang sangat berpotensi menjadi batu sandungan bagi Barca yang berhasrat merengkuh gelar UCL musim kali ini.