google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Xavi Hernandez Segera Jadi Pelatih Baru Barcelona?

Xavi Hernandez
Barcelona gerak cepat untuk segera menunjuk Xavi Hernandez sebagai pelatih anyar mereka.

cr photo: FC Barcelona Noticias

Kabar cukup mengejutkan datang dari kubu Barcelona yang kabarnya segera menunjuk Xavi Hernandez sebagai pelatih anyar mereka. Berita ini mengejutkan karena sebelumnya Xavi sendiri baru saja memperpanjang kontraknya bersama klub Qatar, yaitu Al-Sadd. Ditambah lagi ada beberapa fans yang menilai belum saatnya Xavi menjadi pelatih kepala Barcelona. Akan tetapi pandangan lain dimiliki manajemen klub yang dipimpin sang presiden, Joan Laporta. Mereka tetap memilih Xavi untuk meneruskan pekerjaan Ronald Koeman yang akan segera selesai di musim panas ini.

Ada berita yang mengatakan bahwa Xavi akan segera diumumkan menjadi pelatih baru Barcelona pada akhir bulan Mei ini. Beberapa laporan media memang menyebut nama Xavi adalah pilihan terdepan Laporta sebagai pengganti Ronald Koeman. Laporta sendiri memang diberitakan sudah pernah mengadakan pertemuan dengan Koeman sendiri untuk membahas masa depan manajer asal Belanda tersebut. Di pertemuan tersebut, Laporta diketahui terang terangan mengatakan soal masa depan Koeman sebagai pelatih Barcelona.

Dalam pertemuan itu juga Laporta mengatakan kepada Koeman bahwa kini jajaran manajemen Barcelona sedang mencari beberapa kandidat untuk menggantikan Koeman. Tetapi selanjutnya masa depan Koeman masih akan ditentukan sekitar setengah bulan sejak pertemuan tersebut. Meskipun diketahui masih ada kans untuk bertahan, namun banyak yang menyebut bahwa posisi Koeman hampir dipastikan akan terdepak dari kursi kepelatihan Barcelona.

Ini terbukti bahwa hanya berselang tiga hari saja sejak pertemuan tersebut, posisi Koeman sudah di ujung tanduk. Pasalnya, Laporta seolah sudah tidak sabar untuk mengangkat Xavi Hernandez sebagai pelatih baru dari Barcelona untuk musim depan. Kesan terburu buru ini terlihat dari status Xavi sendiri yang sebenarnya belum lama baru memperpanjang kontrak bersama Al-Sadd hingga tahun 2023 mendatang. Beruntungnya memang bagi Barcelona dalam klausul perpanjangan kontrak itu Al-Sadd disebut tak boleh menghalangi apabila Xavi diminta kembali ke Barcelona.

Koeman Hanya Semusim Melatih Barcelona

Apabila jadi pergi maka hal ini akan membuat Koeman angkat kaki dari Barcelona. Pelatih asal Belanda itu sedianya baru satu musim di Barcelona. Akan tetapi memang banyak yang kurang puas dengan hasil kepelatihannya di skuad Blaugrana. Musim ini sendiri, Barca harus kehilangan gelar La Liga dan Liga Champions, dengan hanya mampu meraih satu gelar, yaitu Copa Del Rey.

Ditambah lagi banyak fans yang tak suka dengannya sejak ia memutuskan untuk melego Luis Suarez yang dinilainya tak masuk ke dalam skema permainannya. Hasilnya, Barca musim ini gagal meraih gelar La Liga, sementara Suarez berhasil meraihnya usai menyebrang ke Atletico Madrid.

Apakah Xavi Hernandez Bisa Bersinar Sebagai Pelatih?

Sementara itu apabila Xavi pada akhirnya jadi pelatih anyar Barcelona, maka ini akan menjadi kepulangannya kembali ke Barcelona, klub yang membesarkan namanya sebagai pesepakbola. Diketahui Xavi sendiri pernah membela Barca cukup lama, yaitu sejak tahun 1998 hingga 2015 lalu. Total 25 piala berhasil diberikan Xavi untuk Barcelona termasuk gelar gelar bergengsi seperti La Liga Spanyol dan Liga Champions.

Sebagai mantan pemain, Xavi juga dinilai sudah paham dengan segala yang ada di kubu Barcelona sehingga ia kemungkinan akan bisa memaintenance skuadnya sebaik mungkin. Banyaknya pemain muda saat ini di kubu Barca juga kemungkinan bisa menjadikan Xavi sebagai sosok mentor mereka di dalam ataupun luar lapangan.

Manajemen Barca sendiri memang bukan tanpa alasan menginginkan jasa Xavi. Ini karena selama melatih Al-Sadd, tangan dingin Xavi sudah terlihat dengan sukses membawa tim itu menjadi juara Liga Qatar. Lebih dari itu, di bawah asuhan Xavi, Al-Sadd juga mengadopsi gaya permainan Barca yang terkenal, yaitu tiki taka. Menarik memang menanti kiprah Xavi apabila ia jadi melatih Barcelona.