Xavi Pergi, Hansi Flick Siap Ambil Alih Kursi Kepelatihan Barcelona

Teka teki mengenai siapa pelatih Barcelona musim depan semakin jelas, sosok Hansi Flick disebut akan segera menjadi pelatih Barca untuk menggantikan Xavi Hernandez musim depan. Banyak hal menarik terjadi di kubu Barcelona dalam satu bulan terakhir ini. Putus nyambung antara Xavi dengan manajemen tim yang dipimpin Joan Laporta benar benar membuat situasi di internal Barca kurang bagus. Pada akhirnya keputusan pun diambil, Xavi resmi meninggalkan kursi kepelatihan Barcelona. Beberapa nama manajer baru pun sudah sempat muncul, namun akhirnya dipilihlah sosok Hansi Flick, sebagai pelatih baru yang akan menukangi tim asal Catalan tersebut mulai musim depan.

Hubungan antara Xavi Hernandez dengan manajemen Barcelona memburuk di akhir musim ini. Ia sebenarnya memang sudah pernah mengatakan bahwa akan pergi dari Barcelona di awal tahun 2024 lalu menyusul performa buruk Barca di paruh awal musim 2023-2024. Akan tetapi masuk paruh kedua musim Barca jauh lebih membaik, alhasil manajemen Barcelona pun membujuk Xavi untuk bertahan. Setelah banyak pertimbangan, akhirnya Xavi memutuskan untuk bertahan dengan Los Cules dan membatalkan kepergiannya di akhir musim.

Akan tetapi masalah justru muncul tepat di penghujung musim 2023-2024 ini. Semua berawal dari curhatan Xavi yang menyinggung masalah keuangan Barca yang tidak stabil sehingga menyulitkan tim sendiri. Curhatan Xavi ini tak ditanggapi dengan senang oleh manajemen Barca dari mulai Joan Laporta hingga Deco Souza. Sampai akhirnya setelah diberikan peringatan, Laporta sebagai Presiden Klub Barcelona memutuskan untuk tak melanjutkan kerjasama dengan sang pelatih asal Spanyol tersebut di akhir musim 2023-2024 ini.

Hansi Flick Gantikan Xavi

Semenjak Xavi mengumumkan akan hengkang musim panas nanti di awal tahun 2024 lalu memang kubu Barcelona sudah memburu beberapa nama pelatih baru untuk menggantikan Xavi. Sempat tertunda karena Xavi akan bertahan, akhirnya manajemen Barca benar benar harus mencari manajer baru tim untuk menggantikan posisi Xavi yang akhirnya resmi akan meninggalkan skuad Barcelona di akhir musim ini.

Sejumlah nama sempat masuk menjadi kandidat pelatih Barcelona, dari mulai Thiago Motta, Michel, Roberto de Zerbi, sampai dengan Hansi Flick. Setelah banyak pertimbangan, akhirnya sosok Hansi Flick lah yang dipilih oleh manajemen Barcelona. Dikabarkan proses pendekatan sudah tengah dilakukan oleh Barcelona, dan sang pelatih asal Jerman tersebut pun menyambut baik ketertarikan Barca terhadap dirinya.

Setelah beberapa waktu berlalu, jurnalis kenamaan asal Italia yang juga merupakan pakar transfer Eropa, yaitu Fabrizio Romano mengabarkan dalam laporannya bahwa kesepakatan sudah tercapai antara Barcelona dengan Hansi Flick untuk bekerjasama mulai musim depan. Fabrizio di sosial media resminya mengatakan bahwa Hansi akan menjadi pelatih anyar Barca gantikan Xavi dengan durasi kontrak dua tahun.

Pelatih Berpengalaman

Keputusan manajemen menunjuk Hansi sebagai pelatih baru Barcelona ini tentunya sudah melalui banyak pertimbangan. Salah satunya adalah mengenai filosofi sepak bola dan sistem permainan yang diusung. Barca sendiri adalah tim yang tak mengenal permainan bertahan dan selalu bermain dengan base possesion football. Hal inilah yang membuat Hansi ditunjuk karena ia adalah pelatih dengan gaya bermain proaktif dan kuat dalam hal penguasaan bola.

CV yang dimiliki Hansi Flick juga cukup baik. Meski hanya Bayern Munchen, klub besar yang pernah ia latih, tetapi ia sukses memberikan treble winner bagi Bayern di tahun 2020 lalu termasuk gelar Liga Champions. Jadi untuk pengalaman, Hansi cukup baik sebagai pelatih baru tim sebesar Barcelona.