google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Yuk, Intip Tren Kain untuk Musim Semi dan Musim Panas 2022!

Tren Kain untuk Musim Semi dan Musim Panas 2022 (Foto: chelseatextiles.com)

Berbicara mengenai mode, tentu pakaian tak akan lepas dari kain sebagai bahan utamanya. Setiap musim bahkan setiap tahunnya, ada beberapa kain yang menjadi tren dan banyak diminati untuk menciptakan mode yang baru atau mengulang mode lama yang menjadikan penampilan lebih menyegarkan. Begitu pula dengan tren kain untuk musim panas 2022 mendatang yang sudah mulai diprediksikan tahun ini melalui berbagai panggung mode.

Tren Kain Musim Mendatang

Sensual dan menggoda disebut sebagai karakteristik utama dari tren kain musim panas mendatang. Ada berbagai jenis motif, tekstur, dan juga bahan kain yang menjadi pilihan utama untuk menciptakan kesan sensual. Sebut saja kain dengan kemilau halus dengan bahan hibrida dan teknik tiga dimensi yang menarik indra. Kemudian kain eksotis dengan motif bunga yang sempurna untuk liburan musim panas. Atau mungkin campura kain dari serat buatan, lyocell daur ulang dan cupro yang lembut kala disentuh.

Bagi yang hendak menggunakan kain ramah lingkungan sebagai bentuk kepedulian terhadap mode berkelanjutan, campuran viscose baru dengan kualitas FSC dan dapat dilacak bisa menjadi pilihan. Sentuhan akhir dan pelapis yang menciptakan nuansa sutra membuat kain tersebut mampu mengikuti kontur tubuh, sehingga mengalir dengan anggun dan kental akan kesan sensual. Musim panas juga bisa dilengkapi denga kain rajutan yang tahan lama dan kini sedang naik daun. Untuk mengenal berbagai kain trendi untuk musim semi dan musim panas mendatang, yuk simak ulasan berikut ini!

1. Kain Surealistik

Kain Surealistik (Foto: pinecrestfabrics.com)

Tren kain pertama untuk musim semi dan musim panas mendatang adalah surealistik. Kain-kain ini membagikan sensasi taktil, aneh atau familiar yang bahannya mengundang untuk disentuh. Kain surealistik umumnya meggunakan efek iridescent dan juga tie-dye yang menghasilkan gradasi warna seolah tampak pudar oleh sinar matahari.

Kain ini merupakan salah satu kelembutan yang dibuat dengan ahli. Karakter surealistiknya terpancar dari nuansa tekstur transparan yang hidup. Selain itu, kain tersebut juga tampak berkilau dan cair, sehingga mampu menciptakan pengalaman yang emosional kala memakainya. Secara garis besar, ada beberapa karakteristik penting dari kain trendi surealistik, antara lain: fluiditas sensual, kelembutan yang pudar, transparansi lembut, dan juga cuddly sensation yang diciptakan oleh kain.

2. Kain Eksotis

Kain Eksotis (Foto: brickhousefabrics.com)

Musim panas memang tak pernah lepas dari kata liburan yang menyenangkan dan menyegarkan. Tak heran jika pakaian-pakaian bergaya tropis dengan kesan eksotis tak pernah tergantikan setiap tahunnya. Musim mendatang kain dengan karakter eksotik masih menjadi pilihan, di mana bunga memainkan peran penting dalam tema ini. Berbeda dengan musim sebelumnya yang di mana cetakan bunga dibuat lebih kecil dan anggun, kini cetakan bunga yang digunakan hadir dalam desain grafis yang besar dan berani.

Motif ini dapat muncul sebagai efek yang dilukis, dicap, dan berbagai teknik lain. Tentu kain ini sangat sempurna dengan citra lanskap kota maupun lokasi eksotis menyegarkan yang menjadi pilihan tempat liburan, apalagi setelah periode pembatasan perjalanan yang panjang akibat pandemi global Covid-19. Beberapa karakteristik penting dari kain ini, antara lain warnanya yang eksotis, perasaan buatan tangan, cakrawala baru, serta kekuatan bunga yang paling utama.

3. Kain Berkilau

Kain Berkilau (Foto: ubuy.com.tr)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sensualitas adalah karakter utama dari tren kain musim mendatang. Tak heran jika kain-kain berkilau yang menghipnotis banyak dijadikan pilihan. Bahan kain, kulit, serta aksesori yang disempurnakan dengan dekorasi ekspresif sangat sempurna dengan kilau halus yang dipancarkan kala terkena cahaya.

Kain berkilau ini bermain pada tekstur dan hiasan yang meninggalkan banyak ruang imajinasi. Kesan sensual memang tak terbantahkan dengan jenis kain berkilau ini. Sejumlah karakter utama dari kain trendi ini, antara lain glitter yang menggoda, kilau ajaib, lamunan serta transparansi. Kain ini sangat cocok untuk bahan pakaian pesta atau kencan di malam hari karena kesannya yang tajam.

Dari berbagai jenis kain di atas, kira-kira kain manakah yang menjadi favoritmu? Sebelum memilih kain, pastikan untuk memasangkannya pula dengan warna yang sesuai tren musim mendatang. Berbicara mengenai warna, nuansa cerah seperti oranye, kuning, merah, mint, lilac, dan biru bisa menjadi pilihan.

Jangan lupakan pula kombinasi warna yang diredam dengan warna pastel yang masih menjadi tren, pink digital skin atau ungu poly-periwinkle, atau mungkin warna netral palsu seperti salty grey dan pearl beige. Untuk kesan yang menyegarkan, kamu juga bisa memilih aksen kuning citrine atau hijau dizzy menthol.

Selain warna, sesuaikan kain yang dipilih dengan aksesori yang akan menunjang penampilanmu. Pastikan bahwa aksesori yang dipakai mampu menyempurnakan penampilan, dan bukan membuat penampilan menjadi tampak tidak dinamis. Tak hanya perhiasan atau tatanan rambut, sesuaikan pula dengan sepatu dan aksesori lain seperti jam tangan, kacamata, atau mungkin bandana.