google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Tips Desain Plafon Tinggi Agar Tampak Estetik

7 Ide Plafon Ruang Tamu Mezzanine yang Menciptakan Kesan Lega | Rumah123.com

Banyak sekali orang yang membangun rumah dengan desain plafon tinggi untuk menghadirkan kesan luas. Walaupun seperti itu, rumah dengan plafon tinggi memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Masalahnya jika plafon tinggi tidak memiliki interior yang pas akan terlihat kosong.

Rumah atau bangunan berplafon tinggi memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya yakni membuat sirkulasi udara lebih lancar sehingga penghuni rumah merasa tetap sejuk meski tanpa pendingin ruangan. Ini pas sekali dengan kondisi negara kita Indonesia yang beriklim tropis. Selain itu, plafon tinggi memberikan visual interior rumah tampak luas, jauh dari kesan sempit.

Tinggi plafon dalam sebuah rumah atau bangunan lainnya sejatinya tidak ada standar yang pasti. Arsitektur ataupun pelaksana pembangunan bebas menentukan seberapa tinggi yang diinginkannya sehingga yang sering menuntut ketinggian plafon adalah dari pemilik rumah atau bangunan itu sendiri.

Tips Membuat Rumah Berplafon Tinggi Tampak Estetik

  1. Gunakan Jendela dan Gorden yang Tinggi
Panjang Gorden Bikin Tampilan Ruang Jadi Berbeda!

Agar dinding tidak terasa kosong, maka tips pertama adalah dengan menghadirkan jendela dan gorden yang tinggi. Keberadaan jendela akan membuat cahaya matahari masuk ke dalam rumah dengan mudah. 

Agar jendela tinggi tidak terkesan mengintimidasi, kalian bisa menambahkan gorden yang sedikit lebih tinggi dari ukuran jendela untuk mengisi area kosong di dinding bagian atas. Pilihlah gorden berwarna natural untuk menambah kenyamanan ruang.

2. Pajang Karya Seni

6 Tips Membuat Rumah Berplafon Tinggi Tampak Estetis

Tidak hanya gorden dan jendela yang tinggi, kalian juga bisa memajang berbagai karya seni seperti lukisan dan foto – foto untuk mengisi kekosongan pada dinding tersebut. Hal itu akan membuat kalian terlihat mewah seperti sebuah galeri karya seni. 

Secara tidak langsung, cara ini membuat rumah kalian mempunyai ciri khas tersendiri. Namun, perlu diperhatikan pada hiasan dinding yang kalian pajang harus sesuai dengan gaya desain interior di ruangan tersebut.

3. Tambahkan Fitur Dinding

6 Tips Membuat Rumah Berplafon Tinggi Tampak Estetis

Tidak hanya karya seni, kalian juga bisa menggunakan wallpaper bermotif, batu bata ekspos dan lain – lain. Untuk mempercantik dinding agar tidak monoton.

Fungsi fitur pada dinding ini tidak sekadar menambah aksen, melainkan dapat menambah kesan seperti suasana hangat dan ada juga yang berfungsi untuk menutupi bagian dinding yang kurang rapih.

4. Tampilkan Detail Arsitektur

Desain Plafon Tinggi 2 Meter | Cek Bahan Bangunan

Tips selanjutnya agar hunian terlihat lebih berkarakter, kalian bisa menambahkan sedikit detail arsitektur yang terlihat mencolok. Contohnya dengan menampilkan rangka atap atau balok lantai menggunakan material kayu. Penambahan detail ini dapat membuat plafon tinggi terlihat lebih menarik untuk hunian, bukan lagi sebuah kekurangan yang perlu dihindari.

5. Pasang Lampu Gantung

10 Desain Lampu Hias untuk Acara Nonton Bareng Nggak Terlupakan

Cara selanjutnya untuk membuat desain plafon tinggi lebih hemat adalah dengan memasang lampu gantung. Tidak hanya berguna sebagai pencahayaan, lampu gantung juga bisa menambah estetika ruangan di dalam rumah. 

Cara ini sangat menghemat pengeluaran serta mempercantik ruangan. Penempatannya tergantung pada ruangan, tetapi biasanya dipasang di tengah ruangan atau di atas countertop, kitchen island dan lain – lain.

6. Tinggi Plafon Ideal Sesuai Kondisi Iklim

7 Desain Unik untuk Rumah Berplafon Tinggi | homify

Mengapa iklim cuaca berpengaruh terhadap tinggi plafon??. Hal ini dikarenakan perbedaan iklim cuaca di suatu daerah menyebabkan perbedaan suhu yang cukup signifikan. Manusia memerlukan suhu yang pas untuk di tinggali karena itu diperlukan cara – cara agar ruangan yang ditempati sesuai dengan kebutuhan.

7. Tinggi Plafon Ideal Sesuai Fungsi Ruang

Berkat Plafon Tinggi, Rumah Mungil 72 Meter Ini Terasa Luas Banget - Semua  Halaman - iDEA

Tips ke tujuh yaitu fungsi ruangan juga menentukan tinggi plafon dalam ruangan tersebut.  Ruangan yang digunakan untuk aktivitas publik ataupun semi publik biasanya menggunakan plafon yang lebih tinggi.

8. Tinggi Plafon Ideal Sesuai dengan Proporsi dan Estetika

Ide Tinggi Plafon Rumah 4 Meter Yang Indah - Jasa Pasang Plafon Rumah

Jika berbicara dalam konteks desain maka proporsi dan estetika ini sangatlah penting. Ruangan yang indah adalah ruangan yang seimbang dalam hal panjang, lebar dan tinggi.

9. Tinggi Plafon Ideal untuk Pencahayaan Ruang

Cara Menentukan Tinggi Plafon Ideal

Berapa tinggi plafon juga mempengaruhi pencahayaan pada ruangan. Ruangan dengan plafon yang tinggi memerlukan pencahayaan yang lebih banyak sementara ruangan dengan plafon yang lebih rendah kebalikannya dari plafon yang tinggi karena membutuhkan pencahayaan yang lebih sedikit.

10. Tinggi Plafon Ideal di Pengaruhi Struktur Bangunan

7 Ide Plafon Ruang Tamu Mezzanine yang Menciptakan Kesan Lega | Rumah123.com

Untuk hunian dengan lantai bertingkat akan memiliki perbedaan cara menentukan tinggi plafon yang ideal. Rumah bertingkat akan membutuhkan struktur berupa balok dan plat lantai yang bisa dapat membatasi tinggi plafon.